PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF CONTINUOUSLY VARIABLE TRANSMISSION PADA MATA PELAJARAN MEMELIHARA TRANSMISI BIDANG KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK NASIONAL BERBAH YOGYAKARTA

Pujiyanto, Achmad (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF CONTINUOUSLY VARIABLE TRANSMISSION PADA MATA PELAJARAN MEMELIHARA TRANSMISI BIDANG KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK NASIONAL BERBAH YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (387kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang memiliki tujuan: (1) mengembangkan media pembelajaran interaktif materi CVT berbasis Flash untuk pembelajaran di SMK;(2) mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran interaktif CVT berbasis flash untuk pembelajaran di SMK;(3) mengetahui efektivitas penggunaan produk media pembelajaran interaktif CVT berbasis flash terhadap peningkatan hasil belajar siswa di SMK. Model pengembangan media pembelajaran terdiri dari 6 tahapan yaitu (1) identifikasi masalah; (2) pengumpulan informasi; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) uji coba produk; (6) evaluasi. Identifikasi dan pengumpulan informasi dilakukan dengan wawancara, observasi dan angket sedangkan pengujian kelayakan media pembelajaran interaktif untuk validasi desain dilakukan oleh 2 orang ahli materi dan satu orang ahli media, selanjutnya pada uji coba produk di uji cobakan kepada dua puluh siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan di SMK Nasional Berbah, setelah pengujian selesai dilakukan evaluasi untuk dilakukan perbaikan /revisi produk. Hasil penelitian adalah berupa media pembelajaran interaktif CVT flash dengan persentase kelayakan: (1) Pada tahap validasi desain, hasil penilaian kelayakan media pembelajaran interaktif ahli materi 76 % dengan kategori layak dan hasil penilaian ahli media 94 % berkategori sangat layak, sedangkan pada uji coba produk oleh siswa kelas XI TKR SMK Nasional Berbah, nilai persentase kelayakan aspek materi 76 % dan aspek media 75.59 % dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran CVT masuk kategori layak.(2) terdapat peningkatan rata-rata hasil belajar sebesar 14.89 % dari sebelum menggunakan dan setelah menggunakan media. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif CVT berbasis flash layak dan efektif digunakan dalam proses belajar mengajar karena mampu meningkat hasil belajar siswa yang menggunakannya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, CVT, Teknik Kendaraan Ringan
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 01 Mar 2019 02:05
Last Modified: 01 Mar 2019 02:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62705

Actions (login required)

View Item View Item