KELAYAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK KONSTRUKSI BANGUNAN PADA MATA PELAJARAN PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN DI SMK DALAM PERSPEKTIF GURU

Sunaryo, Laillia Rakhmawati (2019) KELAYAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK KONSTRUKSI BANGUNAN PADA MATA PELAJARAN PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN DI SMK DALAM PERSPEKTIF GURU. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III .pdf

Download (504kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tingkat kelayakan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Konstruksi Bangunan (MPBPKB) pada Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan (PKK) di SMK dalam perspektif guru ditinjau dari guru kewirausahaan dan guru produktif. Penelitian ini adalah jenis penelitian dan pengembangan (research & development) dengan model 4-D yang dikembangkan oleh S. Thiagarajan, S.Semmel, dan I. Semmel. Penelitian difokuskan pada pengujian kelayakan model pembelajaran perspektif guru. Subyek penelitian adalah 14 guru yang terdiri dari guru kewirausahaan dan guru produktif Program Keahlian Teknologi Konstruksi dan Properti di SMK Negeri 1 Sedayu, SMK Negeri 1 Seyegan, dan SMK Negeri 2 Klaten. Penelitian ini dilakukan pada bulan September – Desember 2018 di ketiga SMK tersebut. Sumber data penelitian diperoleh melalui metode kuisioner (angket tertutup) dan wawancara. Metode validasi yang digunakan adalah Expert Judgement, kemudian Alpha Croncobach digunakan untuk menghitung reliabilitas. Data yang telah diperoleh dalam penelitian ini kemudian dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tingkat kelayakan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Konstruksi Bangunan (MPBPKB) pada Mata Pelajaran PKK di SMK dinjau secara keseluruhan (guru kewirausahaan dan guru produktif) termasuk dalam kategori sangat layak dengan nilai rata-rata 86,95 dan modus 82,5; (2) tingkat kelayakan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Konstruksi Bangunan (MPBPKB) pada Mata Pelajaran PKK di SMK ditinjau dari guru kewirausahaan termasuk dalam kategori sangat layak dengan nilai rata-rata 87,93 dan modus 85; (3) Tingkat kelayakan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Konstruksi Bangunan (MPBPKB) pada Mata Pelajaran PKK di SMK ditinjau dari guru produktif termasuk dalam kategori sangat layak dengan nilai rata-rata 85,63 dan modus 82,5.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran, Produk Kreatif dan Kewirausahaan
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 01 Mar 2019 02:05
Last Modified: 01 Mar 2019 02:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62702

Actions (login required)

View Item View Item