PENGARUH LATIHAN IMAGERY TERHADAP TINGKAT KETEPATAN WAKTU PENCAK SILAT KATEGORI TUNGGAL (Studi Eksperimen di Pelatda DIY)

Saputra, Yogi Rahmat (2019) PENGARUH LATIHAN IMAGERY TERHADAP TINGKAT KETEPATAN WAKTU PENCAK SILAT KATEGORI TUNGGAL (Studi Eksperimen di Pelatda DIY). S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Skripsi Yogi Rahmat Saputra.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Salah satu yang menjadi unsur penilaian dalam kategori tunggal adalah waktu penampilan atlet, waktu yang harus diperoleh atlet selama 3 menit. Beberapa model latihan yang diterapkan dalam meningkatkan ketepatan waktu masih belum efektif dan efisien. Untuk itu diperlukan modifikasi model latihan, salah satunya dengan menggunakan model latihan imagery. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan imagery terhadap tingkat ketepatan waktu pencak silat katagori tunggal (study eksperimen di PELATDA Pencak Silat DIY). Jenis penelitian adalah eksperimen dengan desain “One Group Pretest-Posttes Design” dan wawancara sebagai data pendukung. Populasi penelitian ini adalah atlet PELATDA DIY. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, dengan kriteria, yaitu : (1) Anggota PELATDA pencak silat DIY, (2) Aktif dalam latihan, (3) Pernah mengikuti kejuaraan pencak silat khususnya dalam katagori tunggal. Berdasarkan kriteria tersebut yang memenuhi berjumlah 8 atlet. Instrument digunakan untuk mengukur ketepatan waktu katagori tunggal berdasarkan peraturan pertandingan hasil MUNAS IPSI XII 2012. Analisis data menggunakan uji t dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa “ada pengaruh yang signifikan latihan imagery terhadap tingkat ketepatan waktu atlet pencak silat katagori tunggal di PELATDA DIY”, diterima, dengan nilai thitung =3.918.> ttabel dengan nilai t0.05=2.015 untuk atlet putra, dan nilai thitung = 3.8.> ttabel dengan nilai t0.05=2.919 untuk atlet putri.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: latihan imagery, ketepatan waktu, pencak silat kategori tunggal.
Subjects: Olahraga
Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 11 Feb 2019 08:44
Last Modified: 11 Feb 2019 08:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62690

Actions (login required)

View Item View Item