TINGKAT PEMAHAMAN GURU TERHADAP KARAKTERISTIK DAN PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DALAM PEMBELAJARAN PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN (PKK) SMK NEGERI DI DIY

Prabawati, Maya (2019) TINGKAT PEMAHAMAN GURU TERHADAP KARAKTERISTIK DAN PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DALAM PEMBELAJARAN PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN (PKK) SMK NEGERI DI DIY. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I_Maya Prabawati.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_Maya Prabawati.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III_Maya Prabawati.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman guru PKK terhadap karakteristik dan penerapan model PjBL dalam pembelajaran PKK pada program keahlian teknologi konstruksi dan properti SMK N di DIY. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan adalah survey dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket model Guttman. Teknik sampel digunakan purposive sampling, setiap kabupaten satu sekolah dan setiap SMK terpilih diambil semua guru PKK program keahlian teknologi konstruksi dan properti. Sampel terdiri atas empat guru berasal dari SMK N 3 Yogyakarta, empat guru berasal dari SMK N 1 Sayegan, enam guru berasal dari SMK N 1 Sedayu, enam guru berasal dari SMK N 2 Pengasih, dan empat guru berasal dari SMK N 2 Wonosari. Validitas instrumen penelitian adalah expert judgment yang dilakukan oleh dua dosen ahli. Pengambilan data dilakukan menggunakan angket tertutup yang dilaksanakan pada bulan November 2018-Januari 2019. Hasil uji reliabilitas sebesar 0,757. Analisis data digunakan analisis statistik deskriptif kuantitatif dengan tendensi sentral mean. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh tingkat pemahaman guru PKK terhadap karakteristik dan penerapan model PjBL dalam pembelajaran PKK pada program keahlian teknologi konstruksi dan properti SMK Negeri se-DIY menunjukkan sebanyak 20 guru (83,33%) kategori “sangat baik” dan 4 guru (16,67%) kategori “baik”, tidak ada yang masuk kategori cukup, kurang, dan sangat kurang. Secara keseluruhan tingkat pemahaman guru PKK terhadap karakteristik dan penerapan model PjBL dalam pembelajaran PKK pada program keahlian teknologi konstruksi dan properti SMK Negeri se-DIY termasuk kategori “sangat baik” dengan rata-rata observasi sebesar 90,5. Mean observasi masingmasing SMK N 3 Yogyakarta, SMK N 1 Sedayu, SMK N 1 Sayegan, SMK N 2 Pengasih, dan SMK N 2 Wonosari berturut-turut adalah 79,2; 88,0; 93,1; 93,5; dan 98,6.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman, Model PjBL
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 01 Mar 2019 02:05
Last Modified: 01 Mar 2019 02:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62684

Actions (login required)

View Item View Item