PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SIMULATOR KONVEYOR BERBASIS PLC PADA MATA PELAJARAN INSTALASI MESIN LISTRIK KELAS XII SMK NEGERI 2 KLATEN

Hakim, Luqman (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SIMULATOR KONVEYOR BERBASIS PLC PADA MATA PELAJARAN INSTALASI MESIN LISTRIK KELAS XII SMK NEGERI 2 KLATEN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB II rev 1.pdf

Download (435kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB III.pdf

Download (608kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) membuat media simulator konveyor berbasis PLC; (2) Mengetahui tingkat kelayakan media simulator konveyor berbasis PLC untuk Kompetensi Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Negeri 2 Klaten; (3) Mengetahui peningkatan hasil belajar siswa di SMK Negeri 2 Klaten dengan menggunakan media pembelajaran simulator konveyor. ADDIE merupakan model penelitian yang digunakan pada penelitian pengembangan (Research and Development) ini. Memiliki tahap penelitian yang baik dan runtut dengan tahapan awal menganalisa masalah (Analyze) yang ada. Dilanjutkan dengan dikembangkannya desain penyelesaian masalah (Design) berupa perumuskan arah pengembangan yang akan dilaksanakan. Berikutnya tahap pengembangan (Develop) berdasarkan tahap design. Hasil dari tahap pengembangan yang sudah dilaksanakan selanjutnya di implementasikan (Implementation) pada kondisi nyata. Hasil dari tahap implementasi dilakukan evaluasi (Evaluate) untuk menyempurnakan pengembangan yang telah dilaksanaka. Penilaian tingkat kelayakan media yang dikembangkan dilakukan dengan menggunakan instrumen penelitian berupa kuisioner dan tes. Validitas instrumen penelitian dilakukan dengan expert judgement, uji realibilitas instrumen kuisioner dihitung menggunakan rumus Alpha, dan uji instrumen tes dihitung dengan rumus KR-20. Hasil penelitian yaitu: (1) media pembelajaran simulator konveyor terdiri dari trainer, jobsheet dan manual book. Trainer simulator konveyor berbasis PLC yang menggunkan sensor warna sebagai penyortir benda kerja berdasarkan warna. Jobsheet digunakan sebagai panduan praktik dan manual book digunakan sebagai panduan pengoperasian dan perawatan; (2) Tingkat kelayakan menurut ahli materi memperoleh persentase sebesar 85,83% yang dapat dikategorikan “Layak”. Tingkat kelayakan menurut ahli media memperoleh persentase sebesar 79,76% yang dapat dikategorikan “Layak”. Tingkat kelayakan menurut pengguna memperoleh persentase 81,84% yang dapat dikategorikan “Layak”; (3) Peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran simulator konveyor memperoleh kategori “Sedang” dengan persentase kenaikan sebesar 19,91% dari nilai rata-rata pretesst siswa sebesar 57,19 dan mengalami kenaikan nilai rata-rata posttest siswa menjadi sebesar 71,41.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: ADDIE, Simulator Konveyor, Media Pembelajaran, PLC
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektro > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 01 Mar 2019 02:05
Last Modified: 01 Mar 2019 02:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62675

Actions (login required)

View Item View Item