EVALUASI SISTEM PELAKSANAAN HASIL PEMBELAJARAN PRODUKTIF PADA PROGRAM KEAHLIAN ELEKTRONIKA INDUSTRI SMK NEGERI 3 WONOSARI

Faujan, Ahmad (2019) EVALUASI SISTEM PELAKSANAAN HASIL PEMBELAJARAN PRODUKTIF PADA PROGRAM KEAHLIAN ELEKTRONIKA INDUSTRI SMK NEGERI 3 WONOSARI. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
07. BAB I.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. BAB II.pdf

Download (548kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09. BAB III.pdf

Download (259kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi sistem penilaian hasil pembelajaran produktif. Evaluasi ini terdiri dari tiga tahapan yaitu Input, Process, dan Outcomes: (1) evaluasi (Input) masukan meliputi perencanaan penilaian hasil pembelajaran oleh guru; (2) evaluasi (Process) proses meliputi pelaksanaan penilaian hasil pembelajaran oleh guru; (3) evaluasi (Outcomes) keluaran meliputit indaklanjut dari hasil pembelajaran oleh guru. Penelitian ini termasuk jenis penelitian evaluasi program dengan model Provus. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 3 Wonosari dengan subyek penelitian sebanyak 30 siswa kelas X dan 5 guru pengajar pada program keahlian Elektronika Industri. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara dan dokumentasi. Uji validitas instrumen dilakukan dengan menggunakan rumus korelasi product moment. Reliabilitas instrumen dianalisis dengan menggunakan metode belah dua (split-half method) atau formula Spearman Brown. Data yang diperoleh dianalisis dengan metode deskriptif kuantitatif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan penilaian hasil pembelajaran produktif program keahlian Elektronika Industri SMK N 3 Wonosari secara umum dikategorikan baik. Hasil penelitian tersebut yaitu : (1) kesiapan pelaksanaan perencanaan penilaian hasil pembelajaran dalam kategori baik (74,76%), (2) proses pelaksanaan penilaian hasil pembelajaran dalam kategori sangat baik (80,43%), (3) aspek tindak lanjut penilaian hasil pembelajaran dalam kategori baik (72,23%).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Penilaian, Evaluasi, SMK
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 01 Mar 2019 02:05
Last Modified: 01 Mar 2019 02:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62668

Actions (login required)

View Item View Item