EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH TERHADAP PRESTASI HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK KELAS X SMK NEGERI 2 PENGASIH

Rahadi, Vito (2019) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH TERHADAP PRESTASI HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK KELAS X SMK NEGERI 2 PENGASIH. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (547kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar siswa pada aspek kognitif, aspek afektif, dan aspek psikomotorik antara kelompok yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dibandingkan dengan kelompok yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran Gambar Teknik; (2) efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dibandingkan kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran Gambar Teknik terhadap peningkatan aspek kognitif siswa. Penelitian quasi experiment ini dilakukan pada total 64 siswa pada dua kelas X Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 2 Pengasih. Perbedaan hasil belajar pada aspek kognitif antara kelompok eksperimen dan kontrol diukur berdasarkan hasil pre-test dan post-test, teknik observasi digunakan untuk mengukur aspek afektif siswa, dan hasil pengerjaan jobsheet digunakan untuk mengukur aspek psikomotorik. Data hasil pengukuran aspek kognitif, aspek afektif, dan aspek psikomotorik dianalisis menggunakan uji Mann Whitney Test, efektivitas penggunaan Cooperative Learning dianalisis menggunakan uji Wilcoxon dan uji Gain pada hasil pre-test dan post-test siswa. Analisis perbedaan hasil belajar antara kelompok yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dibandingkan dengan kelompok model pembelajaran konvensional menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan pada aspek kognitif namun terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada aspek afektif dan psikomotorik ditunjukkan oleh hasil uji Mann Whitney Test diperoleh data Asymp Sig. (2-tailed) masing-masing sebesar 0,156 > 0,05 untuk aspek kognitif, sebesar 0,022 < 0,05 untuk aspek afektif dan sebesar 0,048 < 0,05 untuk aspek psikomotorik. Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dibandingkan dengan kelas model pembelajaran konvensional ditunjukkan dengan hasil uji wilcoxon diperoleh data Asymp Sig. (2-tailed) sebesar 0,00 < 0,05 dan gain score pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yaitu 0,58 : 0,43. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match tidak lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional karena meskipun hasil rerata skor gain menunjukkan bahwa kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol, namun keduanya memiliki skor gain dalam kategori yang sama yaitu sedang.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Pembelajaran, Cooperative Learning, Make A Match, Gambar Teknik
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektro > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 01 Mar 2019 02:05
Last Modified: 01 Mar 2019 02:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62645

Actions (login required)

View Item View Item