PENGARUH PENAMBAHAN LIMBAH BAN DALAM BEKAS KENDARAAN DAN FILLER LIMBAH KARBIT PADA LASTON (AC-BC) TERHADAP KARAKTERISTIK MARSHALL

Satyagraha, Fauzi (2018) PENGARUH PENAMBAHAN LIMBAH BAN DALAM BEKAS KENDARAAN DAN FILLER LIMBAH KARBIT PADA LASTON (AC-BC) TERHADAP KARAKTERISTIK MARSHALL. D3 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
1. Fauzi Satyagraha 15510134030 A-.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Seiring dengan banyak ditemui jalan yang kurang memenuhi syarat atau kualitas aspal yang rendah, dan mudah rusak karena kurang mampu menahan beban, cuaca, dan lain-lain membuat perlunya peningkatan kebutuhan kualitas infrastruktur yang yang awet dan kuat. Oleh sebab itu dibutuhkan inovasi dalam peningkatan kualitas jalan. Jalan yang baik tentunya memiliki nilai perkerasan lentur yang tinggi. Salah satu inovasi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas aspal adalah dengan memanfaatkan bahan limbah seperti ban dalam bekas kendaraan dan filler limbah karbit sebagai bahan pengisi campuran. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah mengetahui pengaruh dari prosentase bahan tambah ban karet bekas kendaraan pada campuran lapis aspal beton (laston) terhadap karakteristik marshall, serta mengetahui apakah hasil dari pengujian marshall sesuai dengan persyaratan Bina Marga 2010. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan bahan tambah ban karet bekas kendaraan dengan variasi yang berbeda, yaitu 0%, 2%, 3% dan 4%. Karet ban yang digunakan adalah ban dalam sepeda motor yang dipotong menjadi bagian kecil, rata-rata sebesar 1,5 mm x 1,5 mm. Masingmasing variasi kadar ban karet bekas kendaraan dibuat 3 sampel benda uji dengan notasi (BK1, BK2, BK3, 2K1, 2K2, 2K3, 3K1, 3K2, 3K3, 4K1, 4K2, 4K3) dengan jumlah benda uji total sebanyak 12 benda uji. Pembuatan benda uji menggunakan campuran AC-BC kemudian diuji menggunakan metode marshall untuk mendapatkan nilai dai kepadatan (density), VIM, VMA, VFA, flow, stabilitas dan MQ (Marshall Quotient). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penambahan kadar ban karet bekas kendaraan dan filler limbah karbit mempengaruhi nilai karakteristik aspal pada pengujian marshall. Semakin bertambahnya kadar ban karet bekas kendaraan, maka akan meningkatkan nilai VIM, VMA, stabilitas dan juga MQ. Sedangkan nilai kepadatan, VFA dan flow semakin menurun. Penambahan paling efektif adalah pada kadar 3% dengan kepadatan sebesar 2,23 gr/cc, nilai VIM sebesar 6,62%, nilai VMA 14,61%, nilai VFA sebesar 54,81%, nilai flow 3,23 mm, nilai stabilitas 3071,37 kg serta nilai MQ sebesar 954,61 kg/mm. Secara keseluruhan, penambahan ban karet bekas kendaraan dan filler limbah karbit terhadap karakteristik memenuhi Standar Bina Marga 2010.

Item Type: Thesis (D3)
Uncontrolled Keywords: aspal, ban karet bekas kendaraan, limbah karbit
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan > D3 Teknik Sipil
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 15 Feb 2019 03:15
Last Modified: 15 Feb 2019 03:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62644

Actions (login required)

View Item View Item