PENGEMBANGAN JOBSHEET DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL PRAKTIK SISWA KELAS X SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA

Santoso, M. Fikri Bimo (2019) PENGEMBANGAN JOBSHEET DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL PRAKTIK SISWA KELAS X SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (476kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (514kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan jobsheet dasar listrik dan elektronika untuk siswa kelas X di SMK Negeri 2 Yogyakarta di jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik (2) mengetahui kelayakan jobsheet dasar listrik dan elektronika untuk siswa kelas X di SMK Negeri 2 Yogyakarta (3) mengetahui penilaian siswa terhadap jobsheet dasar listrik dan elektronika untuk siswa kelas X di SMK Negeri 2 Yogyakarta (4) mengetahui apakah adanya peningkatan yang signifikan atau tidak terhadap hasil praktik siswa pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronik setelah menggunakan jobsheet dasar listrik dan elektronika yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D (Four-D). Instrumen yang digunakan adalah angket skala Likert 1-4 untuk uji kelayakan dari ahli media, ahli materi, siswa dan uji hasil praktik siswa menggunakan uji Paired T test siswa. Validitas instrumen dilakukan berdasarkan pendapat ahli (expert judgement) dan reliabilitas menggunakan alpha cronbach. Subjek penelitian yaitu kelas X TITL 2 SMK Negeri 2 Yogyakarta. Penelitian ini menghasilkan bahan ajar jobsheet dasar listrik dan elektronika yang telah dikembangkan melalui tahap pendifinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebarluasan (disseminate). Penelitian ini dilakukan oleh 3 ahli materi, 2 ahli media, uji coba terbatas kepada 3 siswa kelas X TITL 2. Untuk uji coba penyebarluasan dilakukan uji coba pengembangan dengan jumlah siswa 30 serta dilakukan uji coba peningkatan hasil praktik. Berdasarkan data yang diperoleh rerata penilaian ahli media adalah 112,5 dan dikategorikan “Sangat Layak”, rerata penilaian ahli materi adalah 93,333 dan dikategorikan “Sangat Layak”, rerata uji coba terbatas didapatkan 51,67 dan dikategorikan “Sangat Layak”, rerata uji coba respon siswa terhadap jobsheet yang dikembangkan didapatkan 43,27 dan dikategorikan “Layak”. Hasil dari uji coba peningkatan hasil praktik siswa diperoleh dari hasil perhitungan melalui SPSS didapatkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka dapat dikatakan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan sebelum menggunakan jobsheet dengan sesudah menggunakan jobsheet.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Bahan ajar, jobsheet, Four-D, Hasil praktik
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektro > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 01 Mar 2019 02:05
Last Modified: 01 Mar 2019 02:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62636

Actions (login required)

View Item View Item