EVALUASI POTENSI BAHAYA MELALUI FAULT TREE ANALYSIS (FTA) DAN PRELIMINARY HAZARD ANALYSIS (PHA) PADA PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KETENAGALISTRIKAN SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA

Prabawa, Yanuardi Yogi (2019) EVALUASI POTENSI BAHAYA MELALUI FAULT TREE ANALYSIS (FTA) DAN PRELIMINARY HAZARD ANALYSIS (PHA) PADA PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KETENAGALISTRIKAN SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB II.pdf

Download (797kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB III.pdf

Download (348kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) potensi bahaya di Program Keahlian Teknik Ketenagalistrikan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta berdasarkan analisa Fault Tree Analysis (FTA), (2) potensi bahaya di Program Keahlian Teknik Ketenagalistrikan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta berdasarkan analisa Preliminary Hazard Analysis (PHA). Jenis penelitian ini merupakan penelitian evaluasi, menggunakan model CIPP. Model evaluasi ini menggunakan empat tahapan, yaitu tahapan Context (Konteks), tahapan Input (Masukan), tahapan Process (proses), dan tahapan Product (hasil). Penelitian ini dilaksanakan di program Keahlian Teknik Ketenagalistrikan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta pada bulan Januari – Oktober 2018. Sumber data penelitian ini adalah siswa, guru dan lingkungan sekitar program Keahlian Teknik Ketenagalistrikan. Data diambil dengan menggunakan angket/kuesioner dan observasi. Validitas instrumen dilakukan dengan melalui penilaian para ahli (Expert Judgement). Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan teknik skala persentase. Hasil penelitian yang dilakukan pada Program Keahlian teknik Ketenagalistrikan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta menunjukkan bahwa: (1) pada tahapan Context, siswa memiliki persentase skor 85% dan guru memiliki persentase skor 86%. (2) pada tahapan Input, siswa memiliki persentase skor 84% dan guru memiliki persentase skor 86%, (3) pada tahapan Process, siswa memiliki persentase skor 73% dan guru memiliki persentase 85%., dan (4) pada tahapan Product, siswa memiliki persentase skor 85% dan guru memiliki persentase skor 84%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Potensi bahaya, FTA, PHA, CIPP
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 01 Mar 2019 02:05
Last Modified: 01 Mar 2019 02:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62635

Actions (login required)

View Item View Item