UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) MELALUI PEMBELAJARAN AKTIF TEAM QUIZ PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI JAGAMANGSAN 3 KABUPATEN SLEMAN

Wahidatun, Arum (2019) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) MELALUI PEMBELAJARAN AKTIF TEAM QUIZ PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI JAGAMANGSAN 3 KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Arum Wahidatun.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS melalui pembelajaran aktif team quiz pada siswa kelas VI SD Negeri Jagamangsan 3 Kabupaten Sleman. Jika proses pembelajaran meningkat, maka hasil belajar IPS juga meningkat. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian berjumlah 11 siswa. Desain PTK menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart yang meliputi perencanaan, tindakan & observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pembelajaran aktif team quiz dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa. Peningkatan hasil belajar siswa meningkat dari nilai rata-rata pada pra tindakan sebesar 61,6, pada siklus I meningkat menjadi 77,2, dan pada siklus II meningkat menjadi 81,3. Peningkatan siswa yang mencapai kriteria ketuntasan pada pra tindakan sebesar 27,3%, sedangkan pada siklus I sebesar 72,7%, dan pada siklus II meningkat menjadi 90,9%. Pada siklus II sudah memenuhi kriteria keberhasilan penelitian yaitu 75% dari total keseluruhan siswa mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) ≥70. Kata kunci: hasil belajar IPS, pembelajaran aktif team quiz

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 11 Feb 2019 02:00
Last Modified: 11 Feb 2019 02:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62634

Actions (login required)

View Item View Item