PENGEMBANGAN MODUL INTERAKTIF BERTEKNOLOGI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA BELAJAR PENGENALAN KOMPONEN DASAR LEKTRONIKA UNTUK SISWA SMK

Sutrisna, Chandra Anang (2019) PENGEMBANGAN MODUL INTERAKTIF BERTEKNOLOGI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA BELAJAR PENGENALAN KOMPONEN DASAR LEKTRONIKA UNTUK SISWA SMK. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (840kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (459kB) | Preview

Abstract

Penerapan Augmented Reality (AR) pada media pembelajaran Teknik Dasar Listrik dan Elektronika dapat membantu memvisualisasikan konsep abstrak pemahaman dan struktur suatu model objek komponen dasar elektronika. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan modul interaktif berteknologi AR sebagai media belajar pengenalan komponen dasar elektronika. Penelitian pengembangan ini menggabungkan model pengembangan ADDIE dan metode pengembangan Waterfall sebagai prosedur pengembangannya. Metode pengumpulan data menggunakan angket yang melibatkan dua ahli materi, dua ahli media serta pengguna. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Produk akhir penelitian pengembangan yang dihasilkan berupa modul interaktif dan aplikasi Electronic_Basic_Reality. Modul interaktif memuat materimateri tentang pengenalan bentuk, simbol, cara kerja, dan fungsi komponen dasar elektronika. Modul dilengkapi dengan rangkuman materi, dan evaluasi kemampuan siswa yang berbentuk soal uraian. Hasil validasi ahli materi menunjukkan nilai rata-rata (mean) skor sebesar 148 (90,2%) yang termasuk dalam kategori “Sangat Layak”. Berdasarkan validasi ahli media, modul interaktif dikategorikan “Sangat Layak” dengan rerata skor sebesar 139,5 (85%). Pada analisis data ujicoba siswa secara terbatas didapatkan rerata skor sebesar 115,5 (82,5%) yang dikategorikan “Sangat Layak”. Ujicoba kelompok besar mendapatkan nilai rerata skor sebesar 116,1 (82,9%) sehingga dapat dikategorikan “Sangat Layak”.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Modul , Augmented Reality , Komponen Dasar Elektronika, ADDIE
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektro > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 01 Mar 2019 02:05
Last Modified: 01 Mar 2019 02:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62633

Actions (login required)

View Item View Item