PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM KONTROL TERPROGRAM MINI DRILLING STATION DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Erdyanto, Haris (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM KONTROL TERPROGRAM MINI DRILLING STATION DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (766kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (515kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) unjuk kerja mini drilling station sebagai media pembelajaran sistem kontrol terprogram di SMK; (2) tingkat kelayakan mini drilling station sebagai media pembelajaran sistem kontrol terprogram di SMK; (3) pencapaian hasil belajar siswa dengan mini drilling station sebagai media pembelajaran sistem kontrol terprogram di SMK. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE untuk materi dan model pengembangan 4D untuk media. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XII Teknik Otomasi Industri sebanyak 16 orang. Instrumen penelitian digunakan adalah angket dan tes. Validitas angket diuji dengan expert judgement, validitas tes diuji dengan korelasi product moment. Reliabilitas angket diuji dengan rumus Aiken, diperoleh nilai V 0,84 untuk ahli materi, nilai V 0,85 untuk ahli media, dan nilai V 0,76 untuk respon pengguna. Nilai Alpha Cronbach untuk tes diperoleh nilai 0,867. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa: (1) unjuk kerja media pembelajaran mini drilling station mendpatkan hasil yang baik, (2) kelayakan ahli materi medapatkan skor rerata 67 kategori “Sangat Layak”, ahli media mendapatkan skor rerata 85,5 kategori “Sangat Layak”, respon siswa mendapatkan skor rerata 78,13 kategori “Sangat Baik”, (3) peningkatan pencapaian hasil belajar siswa pada pembelajaran Sistem Kontrol Terprogram kompetensi pemrograman PLC terlihat dari peningkatan jumlah siswa yang memenuhi KKM dari 25% menjadi75%, dan dari uji U Mann Whitney didapatkan nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Pemrograman PLC, Sistem Kontrol Terprogram, Mini Drilling Station
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektro > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 01 Mar 2019 02:05
Last Modified: 01 Mar 2019 02:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62630

Actions (login required)

View Item View Item