PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI BERBASIS ANDROID TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK DASAR DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL

Susanto, Agus (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI BERBASIS ANDROID TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK DASAR DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13. BAB I.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB II.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. BAB III.pdf

Download (378kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran aplikasi berbasis android lebih baik dibanding dengan hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran power point pada mata pelajaran Gambar Teknik di SMK Muhammadiyah 1 Bantul. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian kuasi eksperimen desain nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Program Keahliaan Teknik Pemesinan yang berjumlah 80 siswa, sedangkan sampel penelitian sebanyak 50 siswa. Teknik sampling menggunakan teknik Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar dan observasi. Kesahihan instrumen ini diperoleh melalui validitas isi menggunakan expert judgement dan validitas empiris menggunakan korelasi point biserial yang menghasilkan 30 soal digunakan untuk tes hasil belajar. Tingkat reliabilitas instrumen diperoleh menggunakan rumus KR-21 menghasilkan indeks reliabilitas 0,701 yang berarti instrumen tersebut reliabel. Penelitian yang dilakukan di SMK Muhammadiyah 1 Bantul Tahun Ajaran 2017/2018 menunjukan bahwa, nilai rata-rata hasil post-test kelas eksperimen yaitu 70,80 dan kelas kontrol yaitu 60,97. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai t hitung 1,981 > nilai t tabel 1,080 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil belajar kelas eksperimen terbukti lebih tinggi dari hasil belajar kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa media pembelajaran aplikasi berbasis andriod berpengaruh terhadap hasil belajar mata pelajaran Gambar Teknik siswa di SMK Muhammadiyah 1 Bantul.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Aplikasi Berbasis Android, Hasil Belajar, Gambar Teknik
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 01 Mar 2019 02:05
Last Modified: 01 Mar 2019 02:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62625

Actions (login required)

View Item View Item