PENGARUH SARANA PRASARANA BENGKEL LAS DAN MOTIVASI BELAJAR PRAKTIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PRAKTIK PENGELASAN KELAS XI TEKNIK PEMESINAN SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN

Nugroho, Ilham Isnaen (2019) PENGARUH SARANA PRASARANA BENGKEL LAS DAN MOTIVASI BELAJAR PRAKTIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PRAKTIK PENGELASAN KELAS XI TEKNIK PEMESINAN SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13. BAB I.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB II.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. BAB III.pdf

Download (361kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh sarana prasarana bengkel las terhadap prestasi peserta didik pada praktik pengelasan di SMK Muhammadiyah Prambanan; (2) Pengaruh motivasi belajar praktik terhadap prestasi peserta didik pada praktik pengelasan di SMK Muhammadiyah Prambanan; (3) Pengaruh sarana prasarana bengkel las dan motivasi belajar praktik terhadap prestasi peserta didik pada praktik kerja las di SMK Muhammadiyah Prambanan. Penelitian ini merupakan penelitian expost facto, populasi pada penelitian ini terdiri dari seluruh peserta didik kelas XI SMK Muhammadiyah Prambanan Jurusan Teknik Pemesinan meliputi kelas XI A, XI B, XI C. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportionate stratified random sampling, berdasarkan perhitungan jumlah sampel yang didapat sebanyak 77 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket (skala Likert 4 alternatif jawaban), ceklist, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data satistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Sarana prasarana bengkel las (X1) terhadap prestasi belajar peserta didik (Y) memiliki hubungan kategori interprestasi yang sangat kuat, hal tersebut dapat dilihat dari nilai r_hitung (0,899). Sedangkan pada koefisien determinan (r2) menunjukkan bahwa sarana prasarana memiliki sumbangan sebesar 80,8% terhadap prestasi belajar siswa;. (2) Motivasi belajar praktik (X2) terhadap prestasi belajar peserta didik (Y) memiliki hubungan kategori interprestasi yang rendah, hal tersebut dapat dilihat dari nilai r_hitung (0,272). Sedangkan pada koefisien determinan (r2) menunjukkan bahwa sarana prasarana memiliki sumbangan sebesar 7,4% terhadap prestasi belajar siswa;. (3) Sarana prasarana bengkel las (X1) dan motivasi belajar praktik (X2) memiliki sumbangan efektif sebesar 85,6% terhadap prestasi belajar peserta didik (Y). Dari keseluruhan sumbangan efektif tersebut, variabel sarana prasarana memiliki sumbangan sebesar 60,7% dan pada variabel motivasi belajar praktik memiliki sumbangan sebesar 24,9%. Sedangkan sisanya sebesar 14,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: sarana prasarana bengkel las, motivasi belajar, prestasi belajar
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Mesin > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 01 Mar 2019 02:05
Last Modified: 01 Mar 2019 02:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62624

Actions (login required)

View Item View Item