BIMBINGAN GURU PENJASORKES DALAM PENGARAHAN BAKAT OLAHRAGA PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI SE-KECAMATAN GONDOKUSUMAN

Jaelani, Ali Khusmal (2019) BIMBINGAN GURU PENJASORKES DALAM PENGARAHAN BAKAT OLAHRAGA PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI SE-KECAMATAN GONDOKUSUMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Ali Khusmal Jaelani _14601241086.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Tujuan peneliti ini adalah untuk mengetahui bimbingan guru penjasorkes dalam pengarahan bakat olahraga peserta didik di SMP Negeri se-Kecamatan Gondokusuman. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Populasi dan sampel penelitian ini adalah 3 kepala sekolah, 3 guru penjas, 26 siswa masingmasing ketua kelas yang ada di SMP Negeri Kecamatan Gondokusuman. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Protokol wawancara meliputi pertanyaan tentang Progam sekolah, Tujuan pembelajaran penjas, Peserta didik, Sarana dan prasarana, Bimbingan bakat siswa, Kegiatan KBM, Pemberian motivas dan bimbingan bakat olahraga siswa dan prestasi olahraga. Observasi meliputi Mengamati dan mencatat Sarana dan prasarana, Mengamati Kegiatan belajar mengajar. Dokumentasi meliputi Mendokumentasikan Prestasi siswa, Sarana dan prasarana sekolah. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis metode deskriptif kualitatif. Setelah semua di peroleh di lanjutkan dengan pengolahan data dengan cara Triangulasi sumber dan Triangulasi data. Hasil penelitian menyatakan guru pendidikan jasmani telah melakukan pengarahan terhadap siswa melalui pengamatan dalam kegiatan belajar mengajar, siswa yang berpotensi pada cabor tersebut diarahkan ke ekstrakurikuler yang siswa unggulkan. namun, guru pendidikan jasmani juga tidak terlepas dari hambatan-hambatan yang ditemukan saat pengarahan siswa, hambatan yang sangat terlihan adalah dari diri siswa dan dari lingkungan siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengarahan bakat olahraga siswa.
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 08 Feb 2019 06:10
Last Modified: 08 Feb 2019 07:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62622

Actions (login required)

View Item View Item