IMPLEMENTASI PROGRAM KEMITRAAN TOYOTA TECHNICAL EDUCATION PROGRAM (T-TEP) DALAM MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN MESIN KENDARAAN RINGAN (PMKR) DI SMK NEGERI 2 DEPOK SLEMAN

Peprianto, Niko (2019) IMPLEMENTASI PROGRAM KEMITRAAN TOYOTA TECHNICAL EDUCATION PROGRAM (T-TEP) DALAM MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN MESIN KENDARAAN RINGAN (PMKR) DI SMK NEGERI 2 DEPOK SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1 BAB I.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 BAB II.pdf

Download (456kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 BAB III.pdf

Download (363kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan implementasi program kemitraan T-TEP dalam mata pelajaran PMKR, (2) mengetahui ketercapaian program kemitraan T-TEP dalam mata pelajaran PMKR, (3) mendeskripsikan kendala-kendala yang dihadapi di SMK Negeri 2 Depok Sleman dalam implementasi program kemitraan T-TEP pada mata pelajaran PMKR. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu Wakil Kepala Bidang Kurikulum, Wakil Kepala Bidang Humas, Ketua Kompetensi Keahlian, guru kompetensi TKRO, dan pihak industri. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk memperkuat hasil penelitian, peneliti menggunakan angket dengan subjek 30 siswa kelas XII TKR SMK Negeri 2 Depok Sleman. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan uji kredibilitas data dengan teknik trianggulasi. Analisis data kualitatif menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, sedangkan untuk data kuantitatif menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) implementasi program kemitraan T-TEP di SMK Negeri 2 Depok Sleman sudah menunjukkan kerjasama yang sangat baik dilihat dari angket untuk siswa pada aspek kemitraan SMK dengan industri dan program T-TEP dengan skor persentase (92%) dan (89,16%); (2) Ketercapaian program T-TEP di SMK Negeri 2 Depok Sleman sudah sangat baik dilihat dari angket untuk siswa dengan skor persentase (86,35%) dan dapat diketahui dari peran industri yaitu penyumbangan peralatan dan objek praktik, perekrutan lulusan melalui OJT, training guru otomotif dan yang utama adalah kompetensi dalam kurikulum sudah disesuaikan dengan kebutuhan industri dilihat dari susunan kurikulum baru yang merupakan hasil pengembangan atas masukan-masukan dari pihak industri dalam mata pelajaran PMKR.; (3) Kendala dalam program kemitraan T-TEP di SMK Negeri 2 Depok Sleman tergolong kecil sehingga tidak terlalu signifikan dilihat dari angket untuk siswa dengan skor persentase (44,81%). Kendala yang dimaksud seperti kurangnya pembaharuan peralatan dan objek praktik mata pelajaran PMKR serta kurang maksimalnya MoU dikedua belah pihak.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: program kemitraan, kerjasama, SMK, dan industri
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 01 Mar 2019 02:05
Last Modified: 01 Mar 2019 02:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62605

Actions (login required)

View Item View Item