MEDIA PEMBELAJARAN KERJA BENGKEL GAMBAR TEKNIK BERBASIS ANDROID PADA MATERI PEMBUATAN LAYOUT PCB MANUAL BAGI SISWA KELAS X ELEKTRONIKA INDUSTRI DI SMK

Prasetyo, Manggala (2019) MEDIA PEMBELAJARAN KERJA BENGKEL GAMBAR TEKNIK BERBASIS ANDROID PADA MATERI PEMBUATAN LAYOUT PCB MANUAL BAGI SISWA KELAS X ELEKTRONIKA INDUSTRI DI SMK. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (372kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (557kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk : (1) mengembangkan media pembelajaran kerja bengkel gambar teknik berbasis android pada materi pembuatan layout pcb manual bagi siswa kelas x elektronika industri di SMK dan (2) mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran kerja bengkel gambar teknik berbasis android pada materi pembuatan layout pcb manual bagi siswa kelas x elektronika industri di SMK. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and development dengan model 4D (four-D), antara lain proses pendefinisan, proses perancangan, proses pengembangan, dan proses penyebaran. Penelitian ini menggunakan angket sebagai alat untuk menguji kelayakan media melalui validasi dosen ahli, guru serta pengguna(siswa). Hasil pengembangan didapatkan produk media pembelajaran berupa aplikasi media pembelajaran. Aplikasi tersebut terdiri dari 6 komponen utama, yaitu : petunjuk, kompetensi, materi, simulasi, quiz, tentang. Setelah dilakukan penelitian Kelayakan media pembelajaran dapat diperoleh persentase oleh ahli materi, ahli media, dan siswa secara berturut turut yaitu sebesar 84,17%, 83,88%, dan 88,92% Dari hasil uji kelayakan tersebut media pembelajaran dapat dikategorikan “sangat layak” sehingga media pembelajaran dapat digunakan sebagai media pembelajaran alternatif pada mata pelajaran Kerja Bengkel Gambar Teknik untuk kelas X Jurusan Elektronika Industri di SMK.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Android, media pembelajaran interaktif, adobe flash cs6
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektro > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 01 Mar 2019 02:05
Last Modified: 01 Mar 2019 02:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62602

Actions (login required)

View Item View Item