PENGEMBANGAN MODUL PROSES PEMBUATAN RODA GIGI HELIXPADA MATA PELAJARAN TEKNIK PEMESINAN FRAIS DI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA

Sakti, Eka Okta Taruna (2019) PENGEMBANGAN MODUL PROSES PEMBUATAN RODA GIGI HELIXPADA MATA PELAJARAN TEKNIK PEMESINAN FRAIS DI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13. BAB I.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. BAB III.pdf

Download (386kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) menghasilkan modul proses pembuatan roda gigi helix dengan kelengkapan multimedia berbasis power point, 2) mengetahui kelayakan media pembelajaran modul proses pembuatan roda gigi helix yang telah dihasilkan untuk dipakai sebagai bahan belajar siswa. Metodologi penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D). Penelitian dilakukan di Jurusan Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Yogyakarta. Instrumen yang digunakan adalah instrumen non tes berupa angket tertutup dengan skala Likert 4 pilihan jawaban. Instrumen divalidasi oleh ahli evaluasi, ahli materi dan ahli media. Untuk menentukan kelayakan modul proses pembuatan roda gigi helix, dilakukan uji coba terbatas pada siswa. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa: 1) Modul proses pembuatan roda gigi helix pada mata pelajaran teknik pemesinan frais di SMK N 2 Yogyakarta telah dihasilkan. Produk yang dihasilkan melalu 7 langkah pengembangan, yaitu: pengembangan media pembelajaran modul proses pembuatan roda gigi helix dilakukan melalui 7 langkah pengembangan, yaitu: a) identifikasi masalah, b) pengumpulan informasi, c) desain modul pembelajaran interaktif, d) validasi desain modul pembelajaran interaktif, e) revisi desain modul pembelajaran interaktif, f) pembuatan produk dan g) uji coba terbatas. Setelah melalui semua langkah pengembangan, maka modul proses pembuatan roda gigi helix layak untuk digunakan sebagai sarana belajar mandiri siswa dan media pembelajaran dikelas. 2) Tingkat kelayakan modul proses pembuatan roda gigi helix yang dihasilkan ditentukan oleh 3 aspek penilaian produk, yaitu: validasi materi, validasi media dan uji coba terbatas. Hasil validasi oleh ahli materi dari rerata 3.29 berada pada klasifikasi “Sangat Baik”, hasil validasi oleh ahli media didapat rerata 3.37 berada pada klasifikasi “Sangat Baik” dan hasil penilaian uji coba terbatas pada siswa didapat rerata 3.42 pada klasifikasi “Sangat Baik”. Rerata total dari 3 aspek penilaian adalah 3.36 pada klasifikasi “Sangat Baik”.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: modul, proses pembuatan roda gigi helix, penelitian pengembangan
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 01 Mar 2019 02:05
Last Modified: 01 Mar 2019 02:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62600

Actions (login required)

View Item View Item