PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MOBILE LEARNING PADA MATA PELAJARAN DASAR LISTIK DAN ELEKTRONIKA UNTUK SMK NEGERI 2 DEPOK

Setianto, Andry (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MOBILE LEARNING PADA MATA PELAJARAN DASAR LISTIK DAN ELEKTRONIKA UNTUK SMK NEGERI 2 DEPOK. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (483kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan media pembelajaran berbasis mobile learning pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika untuk SMK N 2 Depok (2) mengetahui kelayakan dari media pembelajaran berbasis mobile learning pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika untuk SMK N 2 Depok ditinjau dari aspek materi, aspek media, dan pengguna. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (research and development). Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE yang terdiri dari (1) Analysis, (2) Design, (3) Development & Implementation, dan (4) Evaluation. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 2 Depok dengan subjek penelitian kelas X jurusan Teknik Otomasi Industri dan guru jurusan Teknik Otomasi Industri. Tahap pengujian kelayakan produk dilakukan oleh dua ahli materi dan dua ahli media, serta pengujian pada pengguna akhir yaitu guru dan siswa. Teknik analisis data menggunakan instrumen angket serta teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian ini adalah: (1) Menghasilkan media pembelajaran berbasis mobile learning yang terdiri dari delapan komponen utama, yaitu panduan, tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, video, evaluasi, credit, tap to share dan referensi. (2) Hasil penilaian kelayakan oleh ahli materi mendapatkan rerata skor 83 dari skor rerata maksimal sebesar 100 dengan kategori “sangat layak”. Penilaian kelayakan oleh ahli media mendapatkan rerata skor 117,5 dari skor rerata maksimal sebesar 132 dengan kategori ”sangat layak”. Hasil penilaian oleh guru sebagai pengguna memperoleh rerata skor sebesar 65 dari skor rerata maksimal sebesar 76 dengan kategori “sangat layak”. Hasil penilaian oleh siswa sebagai pengguna memperoleh rerata skor sebesar 78,33 dari skor rerata maksimal sebesar 92 sehingga termasuk kategori “sangat layak”.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: dasar listrik dan elektronika, media pembelajaran, mobile learning
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektro > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 01 Mar 2019 02:05
Last Modified: 01 Mar 2019 02:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62596

Actions (login required)

View Item View Item