PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TUTORIAL TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI PEMBUATAN ROK SUAI PADA MATA PELAJARAN BUSANA WANITA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TATA BUSANA SMK MUHAMMADIYAH 1 TEMPEL

Nafis, Agustines Khuzaemah (2019) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TUTORIAL TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI PEMBUATAN ROK SUAI PADA MATA PELAJARAN BUSANA WANITA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TATA BUSANA SMK MUHAMMADIYAH 1 TEMPEL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (760kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (630kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pencapaian kompetensi pembuatan rok suai mata pelajaran Busana Wanita pada kelas yang menggunakan video tutorial. (2) pencapaian kompetensi pembuatan rok suai mata pelajaran Busana Wanita pada kelas yang tidak menggunakan video tutorial. (3) membuktikan ada tidaknya pengaruh penggunaan video tutorial terhadap pencapaian kompetensi pembuatan rok suai mata pelajaran Busana Wanita. Penelitian ini dilakukan di SMK Muhammadiyah 1 Tempel. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen (Quasi Experimental Research) dengan desain posttest only control design. Sampel pada penelitian ini adalah kelas XI Program Keahlian Tata Busana SMK Muhammadiyah 1 Tempel dengan jumlah 28 siswa yang menggunakan teknik sampling purposive. Uji validitas instrumen meliputi validitas internal (konstruk dan isi). Validitas instrumen dilakukan dengan meminta pendapat para ahli dan uji coba instrumen yang diperkuat dengan perhitungan untuk tes pilihan ganda, lembar observasi, lembar penilaian unjuk kerja menggunakan rumus korelasi point biserial dan product moment. Hasil validasi menunjukkan bahwa instrumen yang digunakan sudah valid dan layak untuk pengambilan data. Uji reliabilitas instrumen tes menggunakan rumus KR-20 dengan nilai r = 0,9908 dan percentage of agreement untuk lembar penilaian sikap dan unjuk kerja dengan nilai r = 0,812. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pencapaian kompetensi pembuatan rok suai yang tidak menggunakan media video tutorial pada kelas kontrol diperoleh 9 siswa (65%) tuntas dan 5 siswa (35%) tidak tuntas. (2) Pencapaian kompetensi pembuatan rok suai yang menggunakan media video tutorial pada kelas eksperimen diperoleh 14 siswa (100%) tuntas. (3) Ada pengaruh penggunaan media video tutorial terhadap pencapaian kompetensi pembuatan rok suai mata pelajaran Busana Wanita pada kelas XI Tata Busana. Dibuktikan menggunakan Uji Wilcoxon dengan nilai Signifikansi 0,000. Karena nilai Sig. ≤0,5 artinya terdapat pengaruh pencapaian kompetensi pembuatan rok suai mata pelajaran Busana Wanita dengan menggunakan media video tutorial di SMK Muhammadiyah 1 Tempel.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media video tutorial, siswa, kompetensi pembuatan rok suai
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 01 Mar 2019 02:05
Last Modified: 01 Mar 2019 02:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62595

Actions (login required)

View Item View Item