PENGARUH PERSEPSI DUNIA KERJA DAN KONSEP DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X DAN XI JURUSAN TEKNIK DESAIN PEMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN SMK NEGERI SEDAYU BANTUL

Fauzi, Rohman (2019) PENGARUH PERSEPSI DUNIA KERJA DAN KONSEP DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X DAN XI JURUSAN TEKNIK DESAIN PEMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN SMK NEGERI SEDAYU BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (558kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (629kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh persepsi dunia kerja dan konsep diri terhadap prestasi belajar siswa jurusan Desain Perencanaan dan Informasi Bangunan kelas X dan XI di SMK Negeri Sedayu. (2) Untuk mengetahui tingkat prestasi belajar siswa jurusan Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan kelas X dan XI pada mata pelajaran produktif di SMK Negeri Sedayu. (3) Untuk mengetahui tingkat persepsi siswa jurusan Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan kelas X dan XI di SMK Negeri Sedayu tentang dunia kerja. (4) Untuk mengetahui tingkat konsep diri yang dimiliki oleh siswa jurusan Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan kelas X dan XI SMK Negeri Sedayu. Jenis penelitian ini adalah ex post facto yang dilaksanakan di SMK Sedayu Bantul pada bulan Juni 2018. Populasi penelitian adalah siswa kelas X dan XI jurusan DPIB yang berjumlah 122 orang. Jumlah sampel ditentukan dengan teknik simple random sampling. Tabel Issac and Michael dengan taraf signifikan 5% didapat 89 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket. Uji validitas instrumen dengan judgment expert dan pengujian validitas empiris dengan uji korelasi antar skor. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Persepsi dunia kerja siswa kelas X dan XI Jurusan DPIB SMK Negeri Sedayu memiliki kecenderungan dalam kategori tinggi dengan skor rata-rata 84. (2) Konsep diri siswa kelas X dan XI Jurusan DPIB SMK Negeri Sedayu memiliki kecenderungan dalam kategori tinggi dengan skor rata-rata 86,53. (3)Prestasi belajar siswa kelas X dan XI Jurusan DPIB SMK Negeri Sedayu memiliki kecenderungan dalam kategori tinggi dengan skor rata-rata 75,5. (4) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara persepsi dunia kerja dan konsep diri secara bersama terhadap prestasi belajar siswa kelas X dan XI Jurusan Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan SMK Negeri Sedayu, dibuktikan dengan nilai Fhitung (0,518) < Ftabel (3,10).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Persepsi tentang dunia kerja, konsep diri, prestasi belajar
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 01 Mar 2019 02:05
Last Modified: 01 Mar 2019 02:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62592

Actions (login required)

View Item View Item