PENGEMBANGAN MODUL PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KENDALI MUTU DAN PENGUJIAN MATERIAL INFRASTRUKTUR PADA DEPARTEMENT PROJECT REAL ESTATE DI PT SUMMARECON AGUNG TBK.

Ma’ruf, Muhammad Fahm (2019) PENGEMBANGAN MODUL PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KENDALI MUTU DAN PENGUJIAN MATERIAL INFRASTRUKTUR PADA DEPARTEMENT PROJECT REAL ESTATE DI PT SUMMARECON AGUNG TBK. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. BAB 1.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB 2.pdf

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB 3.pdf

Download (306kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan media pembelajaran berupa Modul Mata Diklat Kendali Mutu dan Pengujian Material Infrastruktur yang akan diaplikasikan pada Departement Project Real Estate (Housing) di PT. Summarecon Agung, Tbk., dan (2) mengetahui kelayakan Modul Mata Diklat Kendali Mutu dan Pengujian Material Infrastruktur yang akan diaplikasikan pada Departement Project Real Estate (Housing) di PT. Summarecon Agung, Tbk. Penelitian ini merupakan jenis Research and Development (R&D) yang mengadaptasi model pengembangan four-D (4D). Secara garis besar penilitian ini dilakukan pada empat tahap utama, yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan diseminasi (disseminate). Instrumen kelayakan yang digunakan berupa expert judgment yang digunakan dalam validasi produk oleh ahli materi dan ahli media untuk mengetahui kelayakan produk media pembelajaran. Data dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil pengembangan didapatkan produk media pembelajaran berupa Modul Kendali Mutu dan Pengujian Material Infrastruktur yang terdiri dari lima bab pokok, yaitu: Material Tanah, Material Batu, Beton, Aspal, dan Standar Mutu dan Spesifikasi Teknis Material. Hasil validasi oleh ahli materi diperoleh persentase kelayakan sebesar 91% dan dinyatakan masuk dalam kategori sangat layak. Hasil validasi oleh ahli media diperoleh persentase kelayakan sebesar 81% dan dinyatakan masuk dalam kategori sangat layak. Setelah divalidasi, maka dapat disimpulkan bahwa Modul Kendali Mutu dan Pengujian Material Infrastruktur sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: modul, diklat, pengujian, material, infrastuktur
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 01 Mar 2019 02:05
Last Modified: 01 Mar 2019 02:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62590

Actions (login required)

View Item View Item