PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN UNIT MODUL PRAKTIKUM TRANSISTOR SEBAGAI PENGUAT DI SMK

Ma’ruf, Muh Isnaini (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN UNIT MODUL PRAKTIKUM TRANSISTOR SEBAGAI PENGUAT DI SMK. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3 .pdf

Download (331kB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk: (1) mengetahui tahapan pengembangan unit modul praktikum transistor sebagi penguat (2) mengetahui unjuk kerja unit modul praktikum transistor (3) mengetahui tingkat kelayakan unit modul praktikum transistor sebagai pengauat sebagai media pembelajaran Elektronik Dasar Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development). Model pengembangan ADDIE yang dikembangkan oleh Robert Branch (2009) terdiri atas: (1) Analisis (Analysis); (2) Perancangan (Design); (3) Pengembangan (Development); (4) Penerapan (Implementation); (5) Evaluasi (Evaluation). Untuk mengetahui tingkat kelayakan Trainer PLC Zelio Smart Relay dengan menganalisis data yang diperoleh dari uji kelayakan oleh 2 ahli media, 3 ahli materi, dan uji coba lapangan yang melibatkan 22 siswa kelas X TAV SMK Muhammdiyah 3 Klaten Utara. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah: (1) berupa produk unit modul praktikum transistor untuk mata pelajaran Elektronika Dasar; (2) unjuk kerja unit modul praktikum transistor; (3) kelayakan unit modul praktikum transistor berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, dan uji coba lapangan. Penilaian oleh ahli media yang ditinjau dari dua aspek (aspek teknis dan aspek estetika) yang memperoleh skor rerata total 67 dari total 84 atau sebesar 79,8% dengan kategori “Layak”. Penilaian oleh ahli materi ditinjau dari dua aspek (aspek materi dan aspek instrusional) yang memperoleh skor rerata total 68,7 dari total 80 atau sebesar 85,8% dengan kategori “Sangat Layak”. Penilaian dari uji lapangan ditinjau dari aspek materi dan media (aspek materi, aspek instruksional, aspek teknis, aspek estetika) memperoleh skor rerata total 80,6 dari total 100 atau sebesar 80,6% dengan kategori “Layak”. Dari hasil uji coba tersebut maka media yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran di SMK.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: ADDIE,Unit Modul Praktikum Transistor, Media Pembelajaran
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 01 Mar 2019 02:05
Last Modified: 01 Mar 2019 02:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62589

Actions (login required)

View Item View Item