PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PRAKTIK MATA KULIAH INSPEKSI DAN TES DI PROGRAM STUDI D3 TEKNIK ELEKTRO FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Rosyid, Khakam (2019) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PRAKTIK MATA KULIAH INSPEKSI DAN TES DI PROGRAM STUDI D3 TEKNIK ELEKTRO FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
2. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB 2 KAJIAN TEORI(1).pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf

Download (112kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran mata kuliah inspeksi dan tes di Prodi D3 Teknik Elektro Universitas Negeri Yogyakarta kurang efektif dan tidak terstruktur karena kurangnya bahan ajar praktik sehingga dibutuhkan adanya labsheet. Tujuan penelitian ini untuk: (1) mengembangkan bahan ajar labsheet pada mata kuliah inspeksi dan tes di Prodi D3 Teknik Elektro Universitas Negeri Yogyakarta dan (2) menguji kelayakan bahan ajar labsheet inspeksi dan tes oleh ahli materi dan ahli media (3) mengetahui penilaian dari respon peserta didik (mahasiswa). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D). Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah 4D Models yaitu: (1) Define (Pendefinisan), (2) Design (Perancangan), (3) Develop (Pengembangan), (4) dan Disseminate (Penyebaran). Uji kelayakan labsheet dilakukan oleh dua validator ahli materi dan dua validator ahli media. Ujicoba pengembangan labsehet dilakukan terhadap 8 mahasiswa Prodi D3 Teknik Elektro UNY angkatan 2015. Teknik analisis data menggunakan skala likert-4 dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil pengembangan menunjukan bahwa labsheet inspeksi dan tes mendapat nilai kelayakan dari validator ahli sebesar 79% dengan kategori ‘layak’, nilai kelayakan dari validator ahli media sebesar 88% dengan kategori ‘sangat layak’, dan respon mahasiswa mendapat nilai sebesar 79% dengan kategori ‘layak’. Dengan demikian menunjukkan bahwa labsheet inspeksi dan tes layak dan sesuai digunakan sebagai bahan ajar praktik mata kuliah inspeksi dan tes.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Labsheet, Pengembangan, Inspeksi dan Tes
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 01 Mar 2019 02:05
Last Modified: 01 Mar 2019 02:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62586

Actions (login required)

View Item View Item