PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TRAINER-KIT INSTALASI MOTOR LISTRIK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DI SMK NEGERI 1 SEDAYU

Delfianti, Rezi (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TRAINER-KIT INSTALASI MOTOR LISTRIK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DI SMK NEGERI 1 SEDAYU. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
OKBAB 1 DESEMBER.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
OKBAB 2 DESEMBER.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
OKBAB 3 DESEMBER.pdf

Download (368kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) merancang dan membuat media pembelajaran trainer-kit instalasi motor listrik berbasis problem based learning di SMK 1 Sedayu; (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran trainer-kit instalasi motor listrik berbasis problem based learning di SMK N 1 Sedayu menurut ahli materi; (3) mengetahui kelayakan media pembelajaran trainer-kit instalasi motor listrik berbasis problem based learning di SMK N 1 Sedayu menurut ahli media; (4) mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran trainer-kit instalasi motor listrik berbasis problem based learning di SMK N 1 Sedayu. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang mengacu pada model penelitian menurut Robert Maribe Branch: The ADDIE Approach dengan tahapan-tahapan (1) analyse; (2) design; (3) develop; (4) implementationi; dan (5) evaluation. Penelitian dilakukan dengan subyek penelitian adalah siswa kelas XI Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITILB) SMK N 1 Sedayu sebanyak dua puluh sembilan siswa. Data Penelitian dikumpulkan menggunakan angket dengan skala likert empat pilihan untuk memperoleh data kelayakan media pembelajaran. Validitas yang digunakan dalam penelitian adalah validitas konstruk dengan pendapat ahli (expert judgement), sedangkan reliabilitas instrumen menggunakan rumus alpha. Analisis data menggunakan rerata skor yang dikonversikan. Produk yang dihasilkan berupa trainer-kit dan jobsheet untuk mata pelajaran instalasi motor listrik. Hasil kelayakan media pembelajaran ditinjau dari validasi ahli materi yang meliputi aspek kualitas isi materi, dan aspek kemanfaatan memperoleh nilai persentase 83% dengan kategori “sangat layak”. Hasil validasi ahli media yang meliputi desain tampilan, aspek teknis pengoperasian, dan aspek kemanfaatan memperoleh nilai persentase 85,15% dengan kategori “sangat layak”. Berdasarkan respon siswa yang meliputi aspek kualitas isi materi, aspek desain tampilan, aspek teknis pengoperasian, dan kemanfaatan memperoleh nilai persentase 87,35%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, Trainer-kit, Instalasi Motor Listrik, Problem Based Learning.
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 01 Mar 2019 02:05
Last Modified: 01 Mar 2019 02:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62583

Actions (login required)

View Item View Item