PENGEMBANGAN SIMULATOR OSILOSKOP BERBASIS PC UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA SMK TERHADAP PENGGUNAAN ALAT UKUR

Prasetyo, Danang Wahyu (2019) PENGEMBANGAN SIMULATOR OSILOSKOP BERBASIS PC UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA SMK TERHADAP PENGGUNAAN ALAT UKUR. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB_I_TAS_Danang Wahyu Prasetyo_14501244002.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II_TAS_Danang Wahyu Prasetyo_14501244002.pdf

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_III_TAS_Danang Wahyu Prasetyo_14501244002.pdf

Download (302kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) analisis kebutuhan dalam pengembangan media pembelajaran simulator osiloskop berbasis PC; (2) unjuk kerja media pembelajaran simulator osiloskop berbasis PC; (3) tingkat kelayakan media pembelajaran simulator osiloskop berbasis PC berdasarkan ahli media dan ahli materi; dan (4) tingkat kelayakan media pembelajaran simulator osiloskop berbasis PC menurut pengguna. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan dengan konsep ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate) dan The Linear Sequential Model. Penelitian dan pengembangan dilakukan di Laboratorium Komputer UNY dan SMK N 2 Wonosari. Pelaksanaan penelitaian dilakukan pada bulan Agustus-November 2018. Subjek penelitian adalah siswa kelas X Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik. Objek penelitian adalah media pembelajaran simulator osiloskop berbasis PC. Instrumen berupa angket dengan skala likert 4 untuk memperoleh data kelayakan media pembelajaran. Validitas instrumen dilakukan dengan expert judgment, sedangkan reliabilitas instrumen menggunakan rumus alpha. Analisis data menggunakan rerata skor yang kemudian dikonversi menjadi nilai baku berupa persentase kelayakan. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) dibutuhkan media pembelajran simulator osiloskop berbasis PC dan jobsheet berisi materi interaktif osiloskop untuk meningkatkan semangat belajar peserta didik (2) Aplikasi yang dikembangkan mampu mengukur gelombang listrik sebagaimana osiloskop yang sebenarnya (3) Hasil validasi materi mendapatkan persentase skor 88,9% dengan kategori “SANGAT LAYAK”, hasil validasi media mendapatkan persentase skor 85,71% dengan kategori “LAYAK”; (4) hasil uji pengguna mendapatkan persentase skor 82,64% dengan kategori “LAYAK” sehingga media pembelajaran Simulator Osiloskop Berbasis PC layak digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika Kompetensi Dasar Alat Ukur Osiloskop kelas X Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK N 2 Wonosari.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Research and Development, ADDIE, The Liniear Sequential Model, Osiloskop, PC (personal computer)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 01 Mar 2019 02:05
Last Modified: 01 Mar 2019 02:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62582

Actions (login required)

View Item View Item