PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU SAKU BERGAMBAR PADA MATA PELAJARAN PELAKSANAAN DAN PENGAWASAN KONSTRUKSI BANGUNAN GEDUNG SISWA KELAS XI TEKNIK KONSTRUKSI DAN PROPERTI DI SMKN 2 WONOSARI

Pamungkas, Sidik (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU SAKU BERGAMBAR PADA MATA PELAJARAN PELAKSANAAN DAN PENGAWASAN KONSTRUKSI BANGUNAN GEDUNG SISWA KELAS XI TEKNIK KONSTRUKSI DAN PROPERTI DI SMKN 2 WONOSARI. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
10_BAB_I.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11_BAB_II.pdf

Download (989kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12_BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran cetak dalam bentuk buku saku bergambar pada mata pelajaran Pelaksanaan dan Pengawasan Konstruksi Bangunan Gedung kurikulum 2013 revisi 2018 di SMK Negeri 2 Wonosari. Penelitian pengembangan ini menggunakan metode 4D. Teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk menguji kelayakan media pembelajaran. Angket divalidasi oleh ahli materi dan ahli media dari dosen Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan Fakultas Teknik Uiversitas Negeri Yogyakarta. Media pembelajaran diujicobakan kepada pengguna guru dan peserta didik kelas XI Teknik Konstruksi dan Properti SMK Negeri 2 Wonosari. Hasil pengembangan didapatkan produk media pembelajaran berupa Buku Saku Bergambar menggunakan metode 4D (four-D), yang dilakukan melalui empat tahapan utama, yaitu proses pendefinisan (define), proses perancangan (design), proses pengembangan (develop), dan proses penyebaran (disseminate). Setelah dilakukan penelitian, Skor kelayakan media oleh dosen ahli materi adalah 54 dari skor maksimal 60 dengan persentase sebesar 90,00% dapat dikategorikan “sangat layak”; dosen ahli media medapatkan skor 54 dari skor maksimal 60, dengan persentase sebesar 90,00% dapat dikategorikan “sangat layak”; guru 1 mendapatkan skor sebesar 108 dari skor maksimal 120, dengan persentase sebesar 90,00% dapat dikategorikan “sangat layak”; guru 2 mendapatkan skor sebesar 113 dari maksimal 120, dapat dikategorikan “sangat layak”; siswa mendapatkan persentase sebesar 54,84% masuk kategori “sangat layak” dan 45,16% masuk kategori ”layak”.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Buku Saku Bergambar, Pelaksanaan dan Pengawasan Konstruksi Bangunan Gedung
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 01 Mar 2019 02:05
Last Modified: 01 Mar 2019 02:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62581

Actions (login required)

View Item View Item