EFEKTIVITAS PENGGUNAAN GAME EDUKASI PUZZLE MAP DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 6 UNTUK MATA PELAJARAN IPS SD NEGERI ADIRAJA 01 CILACAP

Saputri, Prasasti Ari (2011) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN GAME EDUKASI PUZZLE MAP DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 6 UNTUK MATA PELAJARAN IPS SD NEGERI ADIRAJA 01 CILACAP. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Prasasti.pdf

Download (165kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan game edukasi Puzzle Map dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas 6 untuk mata pelajaran IPS materi “Mengidentifikasi Benua-Benua” pada SD Negeri Adiraja 01 Cilacap. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Instrumen penelitian berupa tes dan non tes. Instrumen tes berupa soal pretest dan posttest sebanyak 10 soal uraian dengan kompetensi dasar mengidentifikasi benua-benua. Instrumen nontes berupa kuesioner (angket) sebanyak 31 butir pernyataan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 6 di SD Negeri Adiraja 01 Cilacap tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 36 siswa. Efektivitas dalam penelitian ini diukur berdasarkan hasil belajar siswa dengan jumlah siswa minimal yang mencapai KKM sebesar 75% atau sebanyak 27 siswa. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang harus dicapai oleh siswa untuk mata pelajaran IPS adalah 7,00. Analisis data untuk pengujian hasil penelitian menggunakan deskriptif prosentase untuk mengukur hasil belajar siswa dan deskripsi data meliputi penyajian mean, median, modus, tabel distribusi frekuensi, histogram, tabel kategori kecenderungan masing-masing variabel dan rerata skor untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan game edukasi Puzzle Map. Hasil penelitian menunjukan terdapat peningkatan pada hasil belajar siswa dilihat dari hasil pretest dan posttest. Hasil posttest siswa menunjukan siswa yang tuntas belajar sebanyak 33 siswa (91,67%). Respon siswa terhadap penggunaan game edukasi Puzzle Map kecenderungan tinggi yaitu pada interval 79.75 x < 85.655 sebanyak 15 siswa. Hasil analisis rerata skor menunjukan rata-rata tiap butir soal 3,46 artinya responden setuju terhadap penggunaan game edukasi Puzzle Map untuk pembelajaran di kelas. Dengan demikian game edukasi Puzzle Map efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci Efektivitas, Game Edukasi Puzzle Map

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: pend elektronika ft
Date Deposited: 25 Sep 2012 08:06
Last Modified: 29 Jan 2019 16:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6258

Actions (login required)

View Item View Item