PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID UNTUK MATA PELAJARAN CNC DASAR DI SMK MUHAMMADIYAH 1 SALAM

Febrian, Heri (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID UNTUK MATA PELAJARAN CNC DASAR DI SMK MUHAMMADIYAH 1 SALAM. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
10. BAB 1.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB 2.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB 3.pdf

Download (544kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) menjabarkan prosedur pengembangan Mobile Learning berbasis Android sebagai media pembelajaran CNC Dasar untuk kelas XI TP di SMK Muhammadiyah 1 Salam; (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran Mobile Learning berbasis Android untuk kelas XI TP di SMK Muhammadiyah 1 Salam sebagai media pembelajaran CNC Dasar; (3) mengetahui pendapat siswa kelas XI TP terhadap penggunaan media pembelajaran Mobile Learning berbasis Android sebagai media pembelajaran CNC Dasar di SMK Muhammadiyah 1 Salam. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) yang mengacu pada model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) namun dalam penelitian ini hanya sampai Implementasi. Produk diujicobakan kepada 22 siswa kelas XI TP A, dan 28 siswa kelas XI TP B di SMK Muhammadiyah 1 Salam. Data dikumpulkan dengan angket dan dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Tingkat kelayakan media pembelajaran Mobile Learning berbasis Android berdasarkan penilaian: (1) ahli materi diperoleh nilai persentase 75% yang temasuk dalam klasifikasi “Layak”, (2) ahli media diperoleh nilai persentase 90% yang termasuk dalam klasifikasi “Sangat Layak”, (3) praktisi pembelajaran diperoleh nilai persentase 90% yang termasuk dalam klasifikasi “Sangat Layak”. Produk media ini mendapat respon positif dari siswa dengan perolehan persentase pada semua indikator ≥ 65%. Siswa berpendapat bahwa produk media dikemas secara menarik mudah digunakan, penyampaian materi mudah dipahami, contoh latihan dan pembahasan disampaikan dengan jelas, mendorong rasa ingin tahu, meningkatkan pemahaman, menambah motivasi, dan mempermudah dalam mempelajari materi CNC Dasar.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Android, Media Pembelajaran, Mobile Learning, dan Penelitian Pengembangan
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 01 Mar 2019 02:05
Last Modified: 01 Mar 2019 02:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62575

Actions (login required)

View Item View Item