PENGEMBANGAN E-LEARNING PADA MATA PELAJARAN PENGETAHUAN BAHAN MAKANAN MATERI SUSU DAN HASIL OLAHANNYA DI SMK NEGERI 1 KALASAN

Hapsari, Siti (2018) PENGEMBANGAN E-LEARNING PADA MATA PELAJARAN PENGETAHUAN BAHAN MAKANAN MATERI SUSU DAN HASIL OLAHANNYA DI SMK NEGERI 1 KALASAN. S1 thesis, Fakutas Teknik.

[img]
Preview
Text
1. Siti Hapsari 14511244006 A.pdf

Download (30MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : 1) Mengembangkan e-learning pada mata pelajaran Pengetahuan Bahan Makanan materi susu dan hasil olahannya di SMK Negeri 1 Kalasan. 2) Mengetahui kelayakan e-learning pada mata pelajaran Pengetahuan Bahan Makanan materi susu dan hasil olahannya di SMK Negeri 1 Kalasan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4D (define, design, develop, and disseminate) yaitu 1) define untuk menentukan tujuan, 2) design merupakan perencanaan untuk membuat rancangan media, 3) develop adalah pengembangan media, dan dilakukan uji validasi ahli materi berjumlah 2 orang, ahli media berjumlah 1 orang, dan 32 siswa, 4) disseminate adalah penyebarluasan produk melalui situs web. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) E-learning Pengetahuan Bahan Makanan materi susu dan hasil olahannya di SMK Negeri 1 Kalasan dikembangkan dengan software Moodle 3.5.2+ . Web hosting menggunakan moodlecloud yang akan terupdate secara otomatis mengikuti versi terbaru yang direlease. Pembelajaran dilakukan sebanyak 3 kali pertemuan. Bagian-bagian pada e-learning yaitu : a) Cover e-learning, b) pendahuluan berisi keterangan guru, bagan materi yang akan dipelajari, kompetensi inti dan kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, keterangan materi yang akan dipelajari, alur pembelajaran, silabus, RPP, dan petujuk penggunaan media, c) Pertemuan 1-3 berisi kompetensi yang akan dipelajari beserta tujuannya, handout pembelajaran, media presentasi, video, interaksi dengan forum, dan aktivitas siswa berupa assignment, dan quiz. E-learning disebarluaskan melalui guru dengan pengenalan website e-learning kepada guru di SMK Negeri 1 Kalasan dengan URL https://elearningpengetahuanbahanmakanan.moodlecloud.com/login/index.php. 2) Hasil uji kelayakan E-Learning Pengetahuan Bahan Makanan materi susu dan hasil olahannya memperoleh skor rata-rata 89 % oleh ahli materi, 99% oleh ahli media, dan 91,3% oleh siswa sehingga masuk dalam kategori sangat layak digunakan sebagai e-learning dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: e-learning, moodle, susu dan hasil olahannya
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 04 Feb 2019 07:19
Last Modified: 04 Feb 2019 07:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62567

Actions (login required)

View Item View Item