STM32 ARM CORTEX-M SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MIKROKONTROLER

Ashari, Hasim (2018) STM32 ARM CORTEX-M SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MIKROKONTROLER. S1 thesis, Fakutas Teknik.

[img]
Preview
Text
2. Hasim Ashari 14502244005 A.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rancang bangun, mengetahui unjuk kerja dan mengetahui tingkat kelayakan STM32 ARM Cortex-M sebagai media pembelajaran mikrokontroler. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan tahapan prosedur pengembangan penelitian yang meliputi: 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5) revisi desain, 6) ujicoba produk, 7) revisi produk, 8) ujicoba pemakaian, dan 9) revisi produk. Objek dalam penelitian ini adalah STM32 ARM Cortex-M sebagai media pembelajaran mikrokontroler. Sedangkan subjek penelitian ini adalah mahasiswa prodi pendidikan teknik elektronika FT UNY. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi kuisioner dan wawancara dengan teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah media pembelajaran mikrokontroler yang terdiri dari sebuah STM32 ARM Cortex-M, dua jenis input, empat jenis output dan sebuah projectboard. Hasil penilaian oleh ahli media mendapatkan skor persentase sebesar 88,04% dengan kategori sangat layak. Hasil penilaian oleh ahli materi mendapatkan skor persentase sebesar 82,5% dengan kategori sangat layak. Dan hasil ujicoba pemakaian oleh mahasiswa mendapatkan skor persentase sebesar 88,29% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan hasil penilaian skor persentase tersebut maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran mikrokontroler STM32 ARM Cortex-M sangat layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, mikrokontroler, stm32 arm cortex-m
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 04 Feb 2019 07:20
Last Modified: 04 Feb 2019 07:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62566

Actions (login required)

View Item View Item