PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEKNIK PEMESINAN BUBUT KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK MESIN DI SMK N 2 PENGASIH

Hariyanto, Lukman (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEKNIK PEMESINAN BUBUT KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK MESIN DI SMK N 2 PENGASIH. S1 thesis, Fakutas Teknik.

[img]
Preview
Text
1. Lukman Hariyanto 12503241051 B+.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan media pembelajaran untuk mata pelajaran teknik pemesinan bubut kelas XI, 2) mengetahui kelayakan media pembelajaran untuk mata pelajaran teknik pemesinan bubut kelas XI di SMK. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan (Research & Development) dengan model pengembangan Four-D. Model pengembangan Four-D terdiri dari empat tahap, yaitu: 1) Pendefinisian, 2) Perancangan, 3) Pengembangan, 4) Penyebaran. Tahap penyebaran dilakukan sebatas pada objek penelitian di program keahlian teknik mesin kelas XI SMK N 2 Pengasih dengan jumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan adalah instrumen non tes berupa angket (kuisioner) dengan skala Likert dengan 4 pilihan jawaban. Angket divalidasi oleh seorang ahli evaluasi, kemudian diberikan kepada ahli materi dan ahli media untuk menilai kelayakan media pembelajaran teknik pemesinan bubut. Setelah itu, dilakukan penilaian media oleh guru mata pelajaran teknik pemesinan bubut dan uji lapangan untuk mendapatkan tanggapan siswa. Hasil data kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Dari hasil penelitian dan pembahasan diketahui bahwa: 1) Media pembelajaran yang dibuat memiliki spesifikasi 600x800 pixel dengan file utama berupa aplikasi(.exe) yang dimuat keseluruhan dalam satu folder dengan ukuran 250 megabyte. 2) Tingkat kelayakan media pembelajaran teknik pemesinan bubut diketahui dari hasil penilaian oleh ahli materi, ahli media, guru mata pelajaran serta uji lapangan untuk mengetahui tanggapan siswa. Hasil penilaian ahli materi mencapai nilai rata-rata 3,65 pada kategori "sangat layak". Hasil penilaian ahli media mencapai nilai rerata 2,97 pada kategori "layak". Hasil penilaian guru mata pelajaran mencapai nilai rerata 3,28 pada kategori "sangat layak". Hasil uji lapangan mencapai nilai rata-rata 3,13 dan masuk pada kategori "layak". Secara keseluruhan media pembelajaran ini termasuk dalam kategori “layak”.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, teknik pemesinan bubut, kelayakan
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 04 Feb 2019 07:21
Last Modified: 04 Feb 2019 07:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62564

Actions (login required)

View Item View Item