UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING PADA MATA PELAJARAN PENERAPAN RANGKAIAN ELEKTRONIKA SISWA KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO DI SMK N 2 KLATEN

Prianto, Kadek (2019) UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING PADA MATA PELAJARAN PENERAPAN RANGKAIAN ELEKTRONIKA SISWA KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO DI SMK N 2 KLATEN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I .pdf

Download (946kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II .pdf

Download (946kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III .pdf

Download (946kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan seberapa besar peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas XI TAV SMK N 2 Klaten setelah diimplementasikannya model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing pada mata pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika tahun 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing guna memecahkan masalah yang berkaitan dengan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas XI TAV SMK N 2 Klaten yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dan setiap akhir siklus dilakukan evaluasi hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Metode yang digunakan dalam menganalisis data yaitu metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing pada mata pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika mampu meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas XI TAV SMK N 2 Klaten. Untuk keaktifan, diperoleh rata-rata nilai pada siklus I sebesar 54,68% dan meningkat menjadi 73,65% pada siklus II. Untuk hasil belajar siswa, sebelum implementasi model pembelajaran kooperatif Snowball Throwing diperoleh rata-rata nilai pra-siklus sebesar 62,5, siklus I sebesar 72,41 dan siklus II sebesar 82. Dan untuk persentase ketuntasan siswa pada pra-siklus sebesar 27,81%, pada siklus I persentase ketuntasan siswa meningkat sebesar 50,62%, dan pada siklus II persentase ketuntasan siswa juga terjadinya meningkat sebesar 76,87%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Snowball Throwing, Keaktifan, Hasil Belajar, Penerapan Rangkaian Elektronika
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 01 Mar 2019 02:05
Last Modified: 01 Mar 2019 02:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62562

Actions (login required)

View Item View Item