PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK

Kurniawan, Chandra Agam (2019) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (356kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Tingkat kompetensi pedagogik guru; (2) Tingkat motivasi belajar siswa kelas X Jurusan Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan; (3) Pengaruh antara kompetensi pedagogik guru dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X Jurusan Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Jurusan Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah propotional random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 60 siswa. Instrumen penelitian berupa kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi sederhana dan korelasi ganda dengan teknik korelasi Product Moment dari Karl Pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Sumbangan efektif kedua variabel bebas terhadap variabel terikat adalah 31,90%; (2) Tingkat kompetensi pedagogik dengan nilai kecenderungan sangat tinggi sebesar 35% dan kecenderungan tinggi sebesar 65%; (3) Tingkat motivasi belajar siswa dengan nilai kecenderungan sangat tinggi sebesar 21,6% dan kecenderungan tinggi sebesar 78,4%; (4) Tingkat hasil belajar siswa pada kategori baik adalah 5% dan cukup sebesar 95% (5) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kompetensi pedagogik guru dan motivasi belajar terhadap hasil belajar gambar teknik siswa yang dijelaskan dengan nilai Rsquare sebesar 0,319 yang menunjukkan bahwa 32% hasil belajar gambar teknik siswa dipengaruhi oleh kompetensi pedagogik guru dan motivasi belajar sedangkan sisanya sebesar 68% dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kompetensi pedagogik, motivasi belajar, hasil belajar
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 01 Mar 2019 02:05
Last Modified: 01 Mar 2019 02:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62558

Actions (login required)

View Item View Item