IMPLEMENTASI KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) PADA PRAKTIK KERJA BATU SISWA KELAS XII PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KONSTRUKSI BATU DAN BETON SMK NEGERI 2 KLATEN

Egasta, Ayantri Mahda (2019) IMPLEMENTASI KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) PADA PRAKTIK KERJA BATU SISWA KELAS XII PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KONSTRUKSI BATU DAN BETON SMK NEGERI 2 KLATEN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
02-BAB I.pdf

Download (679kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03-BAB II.pdf

Download (738kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04-BAB III.pdf

Download (897kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini dirancang untuk mendeskripsikan: (1) tingkat pengetahuan siswa kelas XII program keahlian TKBB di SMK N 2 Klaten tentang pendidikan K3; (2) tingkat sikap siswa kelas XII program keahlian teknik TKBB di SMK N 2 Klaten dalam melaksanakan K3 pada saat praktik kerja batu; (3) tingkat implementasi keterampilan siswa kelas XII program keahlianTKBB di SMK N 2 Klaten saat praktik kerja batu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII program keahlian TKBB di SMK N 2 Klaten sebanyak 65 siswa. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan sample sebanyak 56 siswa dengan simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket/kuesioner, dan lembar observasi. Uji validitas instrumen dilakukan dengan validitas isi dan butir, sedangkan reabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbanch. Analisis data dalam penelitian ini menggunkanan teknik analisis statistik deskriptif dengan persentase Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) pengetahuan siswa kelas XII program Keahlian TKBB di SMK N 2 Klaten tentang pendidikan K3 sebanyak 78,6% siswa termasuk dalam kategori Di Atas KKM dan 21,4% siswa termasuk dalam kategori Di Bawah KKM, (2) sikap siswa kelas XII program Keahlian TKBB di SMK N 2 Klaten dalam melaksanakan K3 sebanyak 23,2% siswa termasuk dalam kategori sangat tinggi, 58,9% siswa termasuk dalam kategori tinggi, dan 17,9% siswa termasuk dalam kategori cukup tinggi, (3) implementasi keterampilan siswa kelas XII program Keahlian TKBB di SMK N 2 Klaten saat praktik kerja batu K3 sebanyak 21,42% siswa termasuk dalam kategori sangat tinggi, 69,64% siswa termasuk dalam kategori tinggi, dan 9,92% siswa termasuk dalam kategori cukup tinggi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: implementasi, keselamatan dan kesehatan kerja, dan praktik kerja batu
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 01 Mar 2019 02:05
Last Modified: 01 Mar 2019 02:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62557

Actions (login required)

View Item View Item