PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATA KULIAH PRAKTIK KERJA BETON BERBASIS ADOBE FLASH DI JPTSP FT UNY

Abdurrahman, Ekie Aulia (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATA KULIAH PRAKTIK KERJA BETON BERBASIS ADOBE FLASH DI JPTSP FT UNY. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (427kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan perangkat pembelajaran berupa media pembelajaran berbasis adobe flash yang digunakan pada mata kuliah praktik kerja beton di JPTSP FT UNY (2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran mata kuliah praktik kerja beton berbasis adobe flash sebagai bahan ajar bagi mahasiswa di JPTSP FT UNY. Penelitian ini merupakan Penelitian Pengembangan dengan mengadaptasi desain Research and Revelopment (R&D) dan menggunakan 4D Models dengan empat tahapan meliputi pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate). Waktu dan tempat penelitian ini adalah Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan FT UNY pada bulan September-November 2018. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket untuk menguji kelayakan media pembelajaran. Kelayakan media pembelajaran ini dilakukan oleh penilaian atau validasi oleh ahli materi dan ahli media. Kelayakan media pembelajaran ini dilihat dari skor validasi menggunakan skala Likert kemudian dianalisis untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran. Hasil dari penelitian dapat diketahui bahwa: (1) Pengembangan media pembelajaran berbasis adobe flash pada mata kuliah praktik kerja beton mengacu pada empat tahapan, yaitu define yang menghasilkan jenis permasalahan peserta didik dan materi pembelajaran, design yang menghasilkan storyboard dan skenario, develop yang menghasilkan media pembelajaran berbasis software Adobe Flash CS 6 dan disseminate dengan melakukan publikasi pada jurnal dan google drive. Setelah melalui tahap tersebut media pembelajaran ini layak untuk digunakan di JPTSP FT UNY (2) Hasil validasi kelayakan modul oleh ahli materi memperoleh koversi skor sebesar 90,71 dan termasuk kategori “sangat layak” begitu pula dengan penilaian ahli media mendapatkan hasil konversi skor sebesar 91,6 termasuk kategori “sangat layak”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran mata kuliah praktik kerja beton berbasis adobe flash yang dikembangkan sangat layak digunakan untuk mahasiswa di JPTSP FT UNY.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, adobe flash, praktik kerja beton, kelayakan
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 01 Mar 2019 02:05
Last Modified: 01 Mar 2019 02:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62541

Actions (login required)

View Item View Item