Winanti, Wulan Ayu (2019) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) SISWA KELAS IVB SD MUHAMMADIYAH SANGONAN IV GODEAN SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.
![]() |
Text
Wulan Ayu Winanti.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui metode Bermain Peran (Role Playing) siswa kelas IVB SD Muhammadiyah Sangonan IV Godean Sleman materi Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi, dan Transportasi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), mengunakan model Kemmis dan Taggart. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IVB SD Muhammadiyah Sangonan IV Kecamatan Godean Kabupaten Sleman yang berjumlah 24 siswa yaitu 14 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Instrumen- instrumen dalam penelitian adalah tes dan lembar observasi. Tes digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa, sedangkan lembar observasi digunakan untuk mengetahuai keaktifan guru, siswa serta observasi penggunaan metode role playing. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Adapun indikator keberhasilan penelitian ini ditandai dengan hasil belajar IPS materi Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi, dan Transportasi 80 % siswa mencapai KKM. Hasil penelitian menunjukkan dengan diterapkannya Metode Role Playing pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV B SD Muhammadiyah Sangonan IV Godean Sleman. Berdasarkan hasil tes yang diperoleh pada setiap akhir siklus menunjukkan peningkatan hasil belajar IPS. Prosentase ketuntasan pada pratindakan sebesar 62,5%. Siklus I 70,83% Siklus II 87,5%. Kata kunci: Hasil Belajar, IPS, Role Playing
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Pendidikan IPS Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 29 Jan 2019 01:33 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 01:33 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62528 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |