PELAKSANAAN PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH TAHAP PEMBIASAAN DI SDN JLABAN

Azzahroh, Dewi Maryam (2019) PELAKSANAAN PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH TAHAP PEMBIASAAN DI SDN JLABAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Dewi Maryam Azzahroh.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan informasi terkait pelaksanaan tahap pembiasaan pada program Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar Negeri Jlaban, Kecamatan, Sentolo, Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian adalah Guru Kelas I - VI, Kepala Sekolah dan siswa kelas I-VI. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah Tahap Pembiasaan di SDN Jlaban perlu dievaluasi. Evaluasi diperlukan karena pelaksanaan tahap pembiasaan di kelas belum berjalan terstruktur dan terprogram dengan baik, dan sarana prasarana yang perlu ditinjau efektivitasnya untuk menumbuhkan karakter gemar membaca pada siswa. Kegiatan literasi di kelas juga perlu adanya pelibatan publik yang terencana dengan baik. Kata kunci: Gerakan Literasi Sekolah, Tahap Pembiasaan, SDN Jlaban.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 28 Jan 2019 06:20
Last Modified: 30 Jan 2019 17:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62526

Actions (login required)

View Item View Item