PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVMENT DIVISION (STAD) MATERI VOLUME KUBUS DAN BALOK PADA SISWA KELAS VB SD N GOLO KOTA YOGYAKARTA

Dwiatmoko, Fahrudin Suryo (2019) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVMENT DIVISION (STAD) MATERI VOLUME KUBUS DAN BALOK PADA SISWA KELAS VB SD N GOLO KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Fahrudin Suryo Dwiatmoko.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan prestasi belajar matematika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievment Division (STAD) materi volume kubus dan balok pada siswa kelas VB SD N Golo kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan model Kemmis dan Taggart. Pada model ini terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VB SD Negeri Golo yang berjumlah dari 23 siswa. Objek penelitian ini adalah prestasi belajar matematika. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes dan lembar observasi. Berdasarkan hasil analisis data dan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievment Division (STAD) materi volume kubus dan balok dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Pada siklus I persentase ketuntasan prestasi belajar yaitu 78,26 %, sedangkan siswa yang belum tuntas 21,74%. Pada siklus II ketuntasan siswa meningkat menjadi 100%. Begitupula dengan hasil observasi aktivitas siswa mengalami peningkatan, pada siklus I yaitu 47,37%, pada siklus II meningkat menjadi 80,88%. Kata kunci: prestasi belajar, volume kubus dan balok, Sudent Teams Achievment Division (STAD)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 28 Jan 2019 05:44
Last Modified: 30 Jan 2019 17:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62524

Actions (login required)

View Item View Item