PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS E-BOOK MENGGUNAKAN APLIKASI KVISOFT FLIPBOOK MAKER UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK SMA

Yogiswara, Swaji Caraka and Wiyatmo, Yusman (2019) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS E-BOOK MENGGUNAKAN APLIKASI KVISOFT FLIPBOOK MAKER UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK SMA. S1 thesis, Fakultas Matematika dan IPA.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Swaji Caraka Yogiswara_13302241048 .pdf

Download (18MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) menghasilkan modul berbasis ebook menggunakan aplikasi Kvisoft Flipbook Maker yang layak guna meningkatkan minat belajar dan hasil belajar kognitif, (2) mengetahui peningkatan minat belajar peserta didik SMA yang menggunakan media pembelajaran modul berbasis e-book menggunakan aplikasi Kvisoft Flipbook Maker, dan (3) mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik yang menggunakan media pembelajaran modul berbasis e-book menggunakan aplikasi Kvisoft Flipbook Maker. Jenis penelitian adalah Research and Development (R&D) dengan model 4- D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Tahap define untuk mendefinisikan permasalahan dalam pembelajaran. Tahap design untuk menghasilkan produk awal dan instrumen penelitian. Tahap develop untuk memperoleh kelayakan produk dan instrumen. Tahap disseminate untuk penyebaran modul berbasis e-book menggunakan aplikasi Kvisoft Flipbook Maker dalam skala luas. Instrumen penelitian di antaranya: RPP, lembar penilaian, lembar validasi, angket respon, angket minat belajar, dan tes. Data penelitian berupa kelayakan RPP, kelayakan modul, minat belajar peserta didik, dan hasil belajar kognitif peserta didik. Teknik analisis data menggunakan SBI, standard gain, Aiken’s V, dan rumus Alpha Cronbach. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) modul berbasis e-book menggunakan aplikasi Kvisoft Flipbook Maker layak digunakan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar kognitif peserta didik SMA ditinjau dari penilaian ahli dengan kategori sangat baik dan dari hasil respon peserta didik dengan kategori baik, (2) peningkatan minat belajar peserta didik yang menggunakan modul berbasis e-book menggunakan aplikasi Kvisoft Flipbook Maker dengan skor standar gain sebesar 0,0374 dalam kategori rendah, dan (3) peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik yang menggunakan modul berbasis e-book menggunakan aplikasi Kvisoft Flipbook Maker dengan skor standar gain sebesar 0,307 dalam kategori sedang.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: modul, e-book, Kvisoft Flipbook Maker, minat belajar, dan hasil belajar kognitif
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 29 Jan 2019 04:36
Last Modified: 29 Jan 2019 04:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62517

Actions (login required)

View Item View Item