PENGARUH LATIHAN “PRECISION WITH TEMPO” TERHADAP KONSISTENSI TEKNIK PUKULAN GROUNDSTROKE PADA UKM TENIS LAPANGAN UNY

Hasibuan, Akbar Hasian (2019) PENGARUH LATIHAN “PRECISION WITH TEMPO” TERHADAP KONSISTENSI TEKNIK PUKULAN GROUNDSTROKE PADA UKM TENIS LAPANGAN UNY. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
jadiii coy.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari latihan “precision with tempo” terhadap konsistensi teknik pukulan groundstroke pada UKM tenis lapangan UNY. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu, metode penelitian eksperimen semu ini menggunakan metode one group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian adalah pemain UKM tenis lapangan UNY yang tingkat konsistensi teknik pukulan groundstroke nya masih rendah berdasarkan pengamatan dengan sampel berjumlah 12 orang. Instrumen untuk tes yang digunakan adalah Kemp-Vincent Rally Tennis Test untuk menilai tingkat konsistensi dengan melakukan pukulan reli groundstroke. Adapun teknik analisis data menggunakan uji paired-t test, yaitu dengan maksud untuk membandingkan nilai rerata dari hasil pre-test dan post-test sebelum dan sesudah perlakuan dengan sampel yang sama. Sebelum uji paired-t test, terlebih dahulu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil analisis data statistik uji paired t test didapatkan p value (sig.) sebesar 0,000. Nilai signifikansi 0,000 < 0,05, maka terdapat pengaruh yang signifikan. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh model latihan “precision with tempo” terhadap konsistensi pukulan groundstroke pada UKM Tenis Lapangan UNY.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Konsistensi, Groundstroke, Tenis Lapangan.
Subjects: Olahraga
Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 25 Jan 2019 03:43
Last Modified: 30 Jan 2019 17:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62514

Actions (login required)

View Item View Item