UPAYA MENINGKATKAN GERAK MANIPULATIF DALAM PERMAINAN KASTI MELALUI PERMAINAN TARGET SISWA KELAS IV SD NEGERI JOMBOR LOR KABUPATEN SLEMAN TAHUN 2017

Muriza, Alfani (2019) UPAYA MENINGKATKAN GERAK MANIPULATIF DALAM PERMAINAN KASTI MELALUI PERMAINAN TARGET SISWA KELAS IV SD NEGERI JOMBOR LOR KABUPATEN SLEMAN TAHUN 2017. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_ALFANI MURIZA.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat keterampilan melempar, menangkap, dan memukul bola kasti pada siswa kelas IV SD Negeri Jombor Lor Kabupaten Sleman yang belum pernah dilakukan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dengan 4 aspek setiap siklusnya yang terdiri dari perencanaan (planning), pelaksanaan (action), observasi (observing), refleksi (reflecting). Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Jombor Lor dengan jumlah 20 siswa yang terdiri dari 9 siswa putra dan 11 siswi putri. Instrumen yang digunakan yaitu tes ketrampilan melempar, menangkap dan memukul bola kasti. Beberapa siswa kelas IV SD Negeri Jombor Lor Kabupaten Sleman belum memiliki kemampuan koordinasi yang baik saat bermain bola kasti. Setelah dilakukan penelitian disimpulkan adanya peningkatan kemampuan gerak manipulatif dalam permainan kasti pada siswa kelas IV SD Negeri Jombor Lor, ditandai dengan peningkatan nilai rata-rata unjuk kerja siswa. Nilai rata-rata siswa tersebut mengalami peningkatan dari siklus I yaitu sebesar 58,08 dengan rincian nilai lempar bola 56,25 nilai tangkap bola 70,05 dan nilai memukul bola 47,05 persentase ketuntasan klasikal 75 sebesar 0% (belum tuntas). Kemudian dilanjutkan ke siklus II nilai rata-rata siswa kembali mengalami peningkatan sebesar 81,25 dengan rincian nilai lempar bola 78,25 nilai tangkap bola 88,05 dan nilai memukul bola 77,0 persentase ketuntasan klasikal sebesar 90% (18 siswa tuntas) dan 10% (2 siswa belum tuntas). Hal ini menunjukan bahwa target yang telah ditetapkan sebelumnya KKM 75 telah tercapai sehingga penelitian dihentikan pada siklus II. Kemampuan gerak manipulatif peserta didik meningkat ditandai dengan 90% peserta didik tuntas KKM.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kasti, gerak manipulatif, siswa kelas IV
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 24 Jan 2019 02:19
Last Modified: 30 Jan 2019 17:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62503

Actions (login required)

View Item View Item