HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSI DENGAN KECEMASAN PADA PEMAIN FUTSAL UNY SAAT MENGHADAPI PERTANDINGAN

Aufa, Imania (2019) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSI DENGAN KECEMASAN PADA PEMAIN FUTSAL UNY SAAT MENGHADAPI PERTANDINGAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI IMANIA A PJKR 2014.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Masalah yang dialami atlet saat akan mengahadapi pertandingan salah satunya kecemasan, seseorang atlet yang memiliki kecerdasan emosional yang tinggi mempunyai kemampuan untuk menerima kelebihan dan kekurangan, mampu mengekspresikan perasaan dengan tepat, mampu memahami diri sendiri, serta mampu mengelola emosi dalam menghadapi suatu pertandingan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosi dengan kecemasan pada pemain futsal UNY saat menghadapi pertandingan. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Metode yang digunakan adalah survei. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah pemain Futsal UNY yang berjumlah 49 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan total sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang (negatif) signifikan antara kecerdasan emosi dengan kecemasan pada pemain futsal UNY saat menghadapi pertandingan, dengan nilai rx.y = -0,558 > r(0.05)(49) = 0,276. Korelasi tersebut bernilai negatif, artinya semakin baik kecerdasan emosi seseorang, maka tingkat kecemasan semakin menurun.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kecerdasan emosi, tingkat kecemasan, pemain futsal
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 24 Jan 2019 01:26
Last Modified: 30 Jan 2019 17:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62497

Actions (login required)

View Item View Item