SINTESIS DAN KARAKTERISASI NANOMATERIAL CARBON-DOT BERBAHAN DASAR AMPAS TEH TUBRUK MENGGUNAKAN METODE SONIKASI AUDIOSONIK

Idzharul Haq, Kukuh Prasetyo and Dwandaru, WS. Brams (2018) SINTESIS DAN KARAKTERISASI NANOMATERIAL CARBON-DOT BERBAHAN DASAR AMPAS TEH TUBRUK MENGGUNAKAN METODE SONIKASI AUDIOSONIK. S1 thesis, Fakultas Matematika dan IPA.

[img]
Preview
Text
skripsi full fix banget.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sintesis Cdots berbahan dasar ampas teh menggunakan metode sonikasi audiosonik dan mengetahui pengaruh variasi massa ampas teh terhadap karakteristik material Cdots yang dihasilkan. Penelitian ini menggunakan variasi massa sebanyak 4 variasi, sehingga menghasilkan delapan sampel larutan Cdots. Sampel tersebut meliputi 4 sampel sebelum sonikasi dan 4 sampel setelah sonikasi. Cara pembuatan sampel adalah dengan menjemur ampas teh untuk menghilangkan kadar air dalam ampas teh, selanjutnya teh yang sudah kering dioven hingga menyala agar teh menjadi carbon, kemudian carbon yang berasal dari ampas teh dihaluskan dan disaring agar memperoleh serbuk carbon yang halus, setelah itu baru dilakukan pencampuran serbuk karbon halus dengan aquades menggunakan blander selama 1 menit. Variasi massa serbuk karbon yang digunakan adalah sebanyak 4 variasi, yaitu 0,5 gram, 1 gram, 1,5 gram, dan 2 gram, sampai tahap ini dihasilkan 4 sampel. Kemudian 4 sampel tersebut masing-masing ditetesi dengan larutan detergen sebanyak 4 tetes yang bertujuan untuk membantu proses sintesis, selanjutnya dilakukan sonikasi audiosonik dengan frekuensi 170 Hz pada 4 sampel tersebut, sehingga menggasilkan 4 sampel larutan yang disonikasi. Pengujian karakterisasi absorbansi UV-Vis pada variasi massa 0,5 gram, 1 gram, 1,5 gram dan 2 gram menunjukan bahwa semakin besar massa maka puncak absorbansi semakin bergeser kekanan (red shift), hal ini menunjukan material Cdots yang terbentuk semakin sedikit. Pengujian karakteristik intensitas PL pada variasi massa 0,5 gram, 1 gram, 1,5 gram dan 2 gram menunjukan rentang antara 480 nm-489 nm, baik sampel sebelum disonikasi ataupun sampel setelah disonikasi. Hal ini menunjukan variasi massa tidak mempengaruhi karakteristik intensitas PL material yang terbentuk, material yang terbentuk pada setiap variasi massa menunujukan pendaran warna biru (450 nm-495 nm). Pengujian karakteristik transmitansi menggunakan FTIR pada 1 gram dan 2 gram menunjukan interpretasi yang sama, yaitu terdapat ikatan O-H, C=O dan C≡C. Hal ini menunjukan variasi massa tidak mempengaruhi ikatan yang terbentuk pada material. Pengujian karakterisasi SEM dilakukan pada massa 1 gram dan memperoleh hasil morfologi permukaan berbentuk bola-bola kecil berukuran 4 nm sampai 11 nm.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Cdots, Ampas Teh, Karbon, Sonikasi, Luminisensi
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 29 Jan 2019 04:34
Last Modified: 29 Jan 2019 04:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62494

Actions (login required)

View Item View Item