TINGKAT PEMAHAMAN GURU PENJAS SD TERHADAP PENILAIAN AFEKTIF PESERTA DIDIK MELALUI OBSERVASI DI SD NEGERI SE-KAPANEWON WATES

Alifianton, Idwar (2021) TINGKAT PEMAHAMAN GURU PENJAS SD TERHADAP PENILAIAN AFEKTIF PESERTA DIDIK MELALUI OBSERVASI DI SD NEGERI SE-KAPANEWON WATES. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_idwar alifianton_17604221019.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui seberapa tingkat pemahaman guru penjas SD terhadap Penilaian ranah afektif melalui observasi di SD Negeri se Kapanewon Wates Kabupaten Kulonprogo. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang menggunakan metode survei, serta mempergunakan tes benar salah sebagai instrumennya. Yang menja di subjek penelitian adalah seluruh guru penjas SD Negeri se Kapanewon Wates Kabupaten Kulonprogo sejumlah 27 orang guru. Tes tersusun dari beberapa pernyataan benar dan salah sejumlah 29. Penelitian ini mempergunakan teknik analisis deskriptif yang kemudian akan dirubah bentuk menjadi sebuah persentase. Penilaian skor akan didasarkan pada 5 kategori yaitu kategori sangat rendah, rendah, cukup, tinggi dan sangat tinggi. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat pemahan guru pendidikan Jasmani SD terh adap penilaian ranah afektif melalui observasi SD Negeri se Kapanewon Wates Kabupaten Kulonprogo secara rinci yaitu, ada 8 orang (29,63%) yang mempuyai pemahaman sangat tinggi, sebanyak 14 orang (52,85%) memiliki pemahaman yang tinggi, sebanyak 5 orang (18 ,52%) memiliki pemahaman yang cukup, dan tidak ada orang (0%) mempunyai pemahaman rendah maupun yang memiliki pemahaman yang sangat rendah. Frekuensi paling banyak terletak pada kategori tinggi, sehingga dari fakta tersebut dapat kita maknai bahwa tingkat pemahaman guru penjas SD terhadap penilaian afektif melalui observasi di Sekolah Dasar Negeri se Kapanewon Wates Kabupaten Kulon Progo adalah tinggi, namun perlu ditingkatkan lagi.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Guntur, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: pendidikan jasmani
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 15 Feb 2021 10:00
Last Modified: 15 Feb 2021 10:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62490

Actions (login required)

View Item View Item