PENGARUH KOMBINASI LATIHAN PUSH UP - SHOOTING DAN BURPEE - SHOOTING TERHADAP HASIL TEMBAKAN HUKUMAN (FREE THROW) BOLA BASKET

Nugraheni, Imami (2019) PENGARUH KOMBINASI LATIHAN PUSH UP - SHOOTING DAN BURPEE - SHOOTING TERHADAP HASIL TEMBAKAN HUKUMAN (FREE THROW) BOLA BASKET. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan Push upshooting dan burpee-shooting terhadap hasil tembakan hukuman pada pemain bola basket putra SMA Negeri 1 Grabag. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu, dengan desain “two group pre test post test design” yaitu membagi menjadi dua kelompok dengan ordinal pairing dan menentukan kelompok dengan menggunakan metode random. Hasil random Kelompok eksperimen A dengan perlakuan latihan Push upshooting dan kelompok eksperimen B dengan perlakuan latihan burpee-shooting. Populasi dalam penelitian ini adalah pemain bola basket putra SMA Negeri 1 Grabag Kab. Magelang sebanyak 20 pemain seluruh populasi dijadikan sampel. Instrumen yang digunakan adalah tes tembakan hukuman. Analisis data menggunakan uji t. Hasil analisis menunjukkan : (1) Ada pengaruh latihan Push up-shooting terhadap tembakan hukuman pemain bola basket SMA N 1 Grabag, dengan t hitung dengan nilai -6.862 dan taraf signifikansi sebesar 0,000., nilai tabel untuk df=9 adalah 2,26. Karena thitung -6.826 < -ttabel 2.26, dan dari taraf signifikansi yang nilainnya < 0,05. (2) Ada pengaruh latihan Burpee-shooting terhadap tembakan hukuman pemain bola basket putra SMA N 1 Grabag, dengan thitung dengan nilai – 6.000 dan taraf signifikansi sebesar 0.000., nilai ttabel untuk df=9 adalah 2,26. Karena – thitung < - ttabel, dan dari taraf signifikansi yang nilainnya < 0,05. (3) Tidak ada perbedaan antara metode latihan Push up-shooting dan Burpee-shooting terhadap hasil tembakan hukuman pemain bola basket SMA N 1 Grabag. Nilai Sig= 0.899. Karena nilai p > 0.05 maka data kedua kelompok adalah sama.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Push up-shooting, Burpee-shooting, Tembakan Hukuman (Free throw), Atlet Bola Basket Putra SMA Negeri 1 Grabag.
Subjects: Olahraga
Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 22 Jan 2019 03:55
Last Modified: 30 Jan 2019 17:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62482

Actions (login required)

View Item View Item