PENGARUH LAMA WAKTU LUCUTAN LISTRIK TERHADAP NANOMATERIAL rGO BERBAHAN DASAR KERTAS BURAM BEKAS YANG DISINTESIS MENGGUNAKAN LIQUID PHASE EXFOLIATION DENGAN PENAMBAHAN ASAM BASA KUAT

Maulana, Fhirman and Dwandaru, WS. Brams (2019) PENGARUH LAMA WAKTU LUCUTAN LISTRIK TERHADAP NANOMATERIAL rGO BERBAHAN DASAR KERTAS BURAM BEKAS YANG DISINTESIS MENGGUNAKAN LIQUID PHASE EXFOLIATION DENGAN PENAMBAHAN ASAM BASA KUAT. S1 thesis, Fakultas Matematika dan IPA.

[img]
Preview
Text
Full Edition.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mensintesis GO menggunakan kertas buram sebagai sumber karbon dengan menggunakan metode charging liquid chemical exfoliation (CLCE) dan (2) Memvariasi waktu pada proses lucutan listrik untuk mengetahui pengaruh nilai absorbansi GO. Penelitian ini diawali dengan melarutkan kertas buram sebagai sumber karbon dalam larutan asam kuat (H2SO4) dan basa kuat (NaOH). Larutan tersebut diaduk sehingga menghasilkan larutan graphene. Larutan graphene diberikan perlakuan charging dengan variasi waktu 1 jam, 2 jam, dan 3 jam menggunakan dua plat alumunium sebagai elektroda dengan beda potensial ±20V. Sampel yang dihasilkan dikarakterisasi menggunakan spektroskopi UV-Vis untuk mengetahui pengaruh nilai absorbansi setelah proses charging dan FTIR untuk mengetahui ikatan-ikatan yang berada pada sampel. Hasil spektrofotometer UV-Vis menunjukkan adanya pergeseran nilai panjang gelombang. Panjang gelombang yang teramati sebelum charging adalah 254 nm. Panjang gelombang mengalami pergeseran setelah dilakukan proses charging 1 jam, 2 jam, dan 3 jam berturut-turut adalah 261,5 nm, 264 nm, dan 267 nm. Lama waktu charging menyebabkan berkurangnya jumlah GO pada sampel yang ditandai dengan turunnya nilai absorbansi. Hasil FTIR sebelum diberikan perlakuan charging diperoleh ikatan C-O (carboxylic acids), ikatan C=C (alkenes), ikatan C≡C (alkynes) dan ikatan O-H (alcohols). Hasil analisis FTIR pada sampel setelah diberikan perlakuan charging dengan variasi lama waktu charging mengalami perubahan dengan menghilangnya ikatan C-O (carboxylic acids), hal tersebut menunjukkan adanya pengaruh proses charging. Menghilangnya ikatan C-O (carboxylic acids) berdampak pada tereduksinya unsur O (oxide) yang bisa disimpulkan sampel setelah diberikan perlakuan charging berubah menjadi rGO.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: graphene oxide, charging liquid chemical exfoliation, spektrofotometer UV-Vis, FTIR
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 29 Jan 2019 04:33
Last Modified: 29 Jan 2019 04:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62475

Actions (login required)

View Item View Item