EFEKTIVITAS TERAPI KOMBINASI MASASE FRIRAGE DAN LATIHAN PNF TERHADAP PEMULIHAN CEDERA PANGGUL PASIEN KLINIK TERAPI FIK UNY

Hernowo, Davit Firmanda (2018) EFEKTIVITAS TERAPI KOMBINASI MASASE FRIRAGE DAN LATIHAN PNF TERHADAP PEMULIHAN CEDERA PANGGUL PASIEN KLINIK TERAPI FIK UNY. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
EFEKTIVITAS TERAPI KOMBINASI MASASE FRIRAGE DAN LATIHAN PNF TERHADAP PEMULIHAN CEDERA PANGGUL.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Cedera adalah kelainan atau gangguan yang terjadi pada anggota tubuh yang menyebabkan timbulnya keluhan seperti, nyeri, panas, merah, bengkak, dan tidak dapat berfungsi baik pada otot, tendon, ligamen, persendian maupun tulang yang terjadi akibat aktivitas yang berulang, berlebihan maupun kecelakaan. Panggul merupakan salah satu bagian persendian yang sering digunkan saat manusia melakukan aktivitas sehari-hari, oleh karena itu akan memiliki persentase untuk dapat terjadi cedera. Masase terapi ataupun stretching merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi keluhan cedera. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tentang efektivias terapi kombinasi Frirage dan terapi latihan PNF terhadap pemulihan cedera panggul. Metode penelitian menggunakan penelitian pra eksperimen dengan desain satu kelompok dengan tes awal dan tes akhir (one-group pretest-posttest design). Penelitian ini dilakukan di klinik terapi FIK UNY pada tanggal 14 sampai dengan 27 September 2017. Populasi penelitian ini adalah pasien laki-laki di klinik terapi FIK UNY pada bulan Agustus 2017. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 15 subjek diperoleh dengan menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian pada range of motion (ROM) secara keseluruhan sebelum dan sesudah perlakuan menunjukkan nilai signifikansi (p < 0,05), dengan efektivitas sebesar 6,60% untuk fleksi, 26,85% untuk ekstensi, 28,23% untuk abduksi, 10,74% untuk adduksi, 5,16 untuk medial rotasi, dan 6,77% untuk lateral rotasi, pada nyeri secara keseluruhan sebelum dan sesudah perlakuan menunjukkan nilai signifikansi (p < 0,05), dengan efektivitas sebesar 51,13%. dan pada fungsi gerak secara keseluruhan sebelum dan sesudah perlakuan menunjukkan nilai signifikansi (p. < 0,05), dengan efektivitas sebesar 72,10% untuk jalan, 73,33% untuk duduk berdiri, 50,53% untuk berdiri satu kaki. Simpulan penelitian, terapi kombinasi masase frirage dan terapi latihan PNF efektif terhadap pemulihan range of motion (ROM), nyeri dan fungsi gerak cedera panggul pasien Klinik Terapi FIK UNY.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: cedera panggul, terapi masase frirage, terapi latihan PNF
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 21 Jan 2019 06:48
Last Modified: 30 Jan 2019 17:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62474

Actions (login required)

View Item View Item