MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF INSTALASI PERANGKAT KERAS PC BERBASIS MACROMEDIA FLASH MX

Santoso, Fajar (2008) MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF INSTALASI PERANGKAT KERAS PC BERBASIS MACROMEDIA FLASH MX. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Fajar_Santoso_06502245002-2008.pdf

Download (9kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat media pembelajaran interaktif instalasi perangkat keras PC dalam bentuk visual agar lebih mudah dipahami, memberikan layanan umpan balik hasil belajar dan memahami unjuk kerja media yang dibuat sebagai salah satu alat bantu mengajar di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Media pembelajaran interaktif instalasi perangkat keras PC ini dirancang dan dilengkapi tuntutan kompetensi penguasaan materi. Berdasarkan rumusan kompetensi yang ada selanjutnya dianalisis kebutuhan materi, desain, implementasi dan pengujian. Selain itu dilakukan pengkajian tentang pemahaman kriteria media pembelajaran yang baik, agar hasil pembuatan media dapat dikategorikan sebagai media yang baik. Kemudian dilakukan desain flowchart dan desain antar muka program yang dilanjutkan dengan mengimplementasikan tampilan dalam bentuk program media pembelajaran interaktif instalasi perangkat keras PC dengan bantuan program menggunakan Macromedia Flash MX dan Adope Photoshop. Kemudian disimpan dalam format CD. Pengujian dilakukan dengan memvalidasikan kepada ahli media, ahli materi, dan siswa SMK kelas X sebagai responden. Data tersebut dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif untuk mengetahui berapa besar tingkat validitas kelayakan dari multimedia pembelajaran ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat validitas kelayakan yang diberikan oleh ahli materi sebesar 77.5% yang dikategorikan baik, ahli media sebesar 71.87% yang dikategorikan cukup, dan untuk siswa uji kemudahan menjalankan program sebesar 82% yang dikategorikan baik dan uji keterbacaan program diperoleh hasil rerata pre-test 65,83 dan hasil post-test 82,63 dengan gain score 16.80. . Uji lanjut dengan uji beda Wilcoxon taraf signifikansi 5% diperoleh kesimpulan terdapat perbedaan hasil evaluasi belajar sebelum menggunakan media pembelajaran interaktif instalasi perangkat keras PC dan sesudah belajar menggunakan media pembelajaran interaktif instalasi perangkat keras PC secara signifikan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: pend elektronika ft
Date Deposited: 24 Sep 2012 15:38
Last Modified: 29 Jan 2019 16:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6247

Actions (login required)

View Item View Item